Ducati 1299 Panigale R Final Edition, Akhir dari Era Superbike 2 Silinder

0
1012
Ducati 1299 Panigale R Final Edition
Ducati 1299 Panigale R Final Edition disebut sebagai edisi terakhir Panigale R 2 silinder. Foto: Ducati

NaikMotor – Pabrikan dari Borgo Panigale Italia telah meluncurkan Ducati 1299 Panigale R Final Edition, sebagai edisi terakhir superbike 2 silindernya. Hal ini karena kelak Panigale akan bermesin V4.

Peluncuran Ducati 1299 Panigale R Final Edition cukup meriah sebab selain ditampilkan dalam livery tri-color. Motor edisi terakhir itu melintas di depan penonton World Superbike Championship (WSBK) 2017 seri Laguna Seca, (7/7/2017) dan Pembalap Ducati, Chaz Davies dan Marco Melandri akan menggunakan motor berlivery yang sama pada seri itu.

Panigale R edisi khusus itu menggunakan mesin yang sama dengan sportbike mewah Ducati 1299 Superleggera termasuk water jaket berbahan aluminium dan sand cast casingnya. Mesin kapasitas 1.285 cc 2 silinder L90 derajat itu akan menghasilkan 209 daya kuda.

Mesin menggunakan part berteknologi seperti crankshaft ringan dengan crank pin dan balancer dilapis tungsten, sedangkan katup intake dan exhaust serta con rod berbahan titanium. Knalpot FE produk Akrapovic seperti yang digunakan Ducati Corse pada motor balap WSBK-nya.

Meski demikian tidak semua komponen Superleggera diterapkan pada Panigale R FE itu, jadi jangan harap menemukan sasis serat karbon misalnya. Demikian juga soal beratnya, FE memiliki berat kosong 190 kg, tetapi lebih ringan 0,5 kg daripada Panigale S atau 6 kg lebih berat daripada Panigale R yang bermesin 1199.

Seperti edisi spesial Ducati lainnya, FE akan diberi nomor khusus pada triple clamp-nya, hanya saja hingga saat ini berapa banyak yang akan dibuat belum diketahui. Harga Ducati 1299 Panigale R Final Edition sekitar Rp 611 jutaan untuk pasar Amerika Serikat. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*