Wow! Harley-Davidson Beli Ducati Gelontorkan Dana Rp 22,83 Triliun?

0
Harley-Davidson gugat lagi jaringan retail store apparel Urban Outfitters
Harley-Davidson gugat lagi jaringan retail store apparel Urban Outfitters, karena telah dianggap merusak dan membuang logo pabrikan cruiser Amerika itu pada produk pakaian yang mereka jual.

NaikMotor – Harley-Davidson Motor Company Amerika Serikat sudah menyiapkan tawaran untuk mengambil alih Ducati dari Audi. Kabar panasnya, Harley-Davidson beli Ducati harus merogoh kocek dengan menggelontorkan dana 1,5 miliar Euro atau setara Rp 22,83 triliun.

Kabar Harlay-Davidon beli Ducati merupakan kesepakatan bisnis yang melibatkan dua nama besar di dunia sepeda motor. Sebelumnya, beberapa nama India, mulai dari Bajaj Auto, India Hero Corp, dan TVS Motor Company dikabarkan juga tertarik kepada Ducati.

Sumber anonim Reuters mengatakan, India Hero MotoCorp dan TVS Motor Company pada awalnya memang menyatakan ketertarikannya pada Ducati. Namun, niat itu langsung mundur saat mengetahui banderol yang diberikan Audi untuk Ducati.

H-D kabarnya sudah menunjuk badan investasi, Goldman Sachs, untuk mengawal kesepakatan dengan Audi untuk melepas Ducati. Tawaran Harley-Davidson beli Ducati akan resmi diajukan ke Audi per Juli 2017.

Sementara itu Audi dikatakan menyewa Evercore, sebuah perusahaan investasi untuk mengurus penjualan Ducati ke para pelamar. Sumber anonim tersebut mengatakan, Ducati masuk dalam daftar pengajuan dana ekuitas swasta KKR, Bain Capital dan Permira.

Selain H-D ada beberapa nama yang punya potensi kuat menjadi pemilik baru Ducati. Evercore disebut juga mengirimkan paket informasi ke sejumlah calon pelamar, termasuk Investindustrial, pemilik lama Ducati yang melepas kepemilikannya ke Audi pada 2012.

Seperti diketahui, keinginan Audi untuk melepas Ducati didasari skandal kecurangan yang dilakukan oleh VW memanipulasi emisi gas buang di AS. Selain nama baik tercoreng, VW pun akhirnya harus menghadapi denda sebesar miliaran Euro.

Puncaknya pada Juni lalu, bos VW Matthias Mueller mengatakan pihaknya akan meninjau portofolio aset dan mereka. Hal ini langsung menimbulkan spekulasi bahwa VW sedang bersiap menjual bisnis ‘non-inti’ mereka, yakni di roda dua yang tidak bukan adalah Ducati.

Dengan menjual Ducati, VW Group berharap bisa mendapat dana segar antara 1,4-1,5 miliar Euro. Dengan estimasi 14-15 kali lebih tinggi dari saat beli, meski belum dipotong pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) sekitar 100 juta euro.

Sumber lain yang dekat dengan VW Group mengatakan, proses penjualan Ducati mungkin belum selesai sampai EICMA Milan berlangsung pertengahan November mendatang. Artinya, proses pindah tangan pabrikan motor Italia paling bersejarah ini masih mencari pembeli potensial.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY