Royal Enfield Hadirkan Surf Racer dan Gentleman Brat di Wheels and Waves 2017

0
83
Surf Racer dan Gentleman Brat
Royal Enfield Himalayan dan Contunental GT yang telah berubah menjadi Gentleman Brat dan Surf Racer di Wheels and Waves 2017. Foto: Royal Enfield

NaikMotor – Festival sepeda motor Eropa Wheels and Waves telah berlangsung di Biarritz, Perancis 14 – 18 Juni 2017. Dalam kesempatan itu Royal Enfield menampilkan produk custom bertemakan Surf Racer dan Gentleman Brat.

Kedua custom dari pabrikan Inggris yang kini dikuasai Eicher Group India itu masing-masing berbasis Royal Enfield Continental GT dan Himalayan. Kehadiran keduanya menandai partisipasi Royal Enfield ketiga kalinya dalam festival motor Eropa yang memadukan kebebasan bermotor dan surfing itu.

Royal Enfield sendiri tidak sendirian membangun custom Surf Racer dan Gentleman Brat di Wheels and Waves, ada tangan lain untuk mewujudkan kedua kustomisasinya, yakni Sinroja Motorcyles dari Leicester, Inggris.

Surf Racer dibangun dari basis Royal Enfield Continental GT yang ditelanjangi habis menjadi cafe racer. Continental GT yang bergenre cafe racer bawaan itu telah diubah pula mesinnya. Meski masih berkapaitas 535 cc silinder tunggal, cam telah diganti dengan tipe high lift, kepala piston custom hasil bubut, intake manifold baru dan karburator kini menggunakan Dellorto.

Menguatkan sosok cafe racer di bagian depan tampak half-fairing. Namun, sedikit ada sentuhan moderen pada bagian depan lainnya, yakni suspensi teleskopik telah diganti dengan upside down, sementara suspensi belakang menjadi monoshock under engine/belly. Kedua rodanya pun turut diubah menjadi lebih kecil dengan ukuran 17 inci.

Sementara Gentleman Brat menjadi modifikasi yang penuh cita rasa, sebab nyaris menghapus sosok Adventure Himalayan. Motor petualangan bermesin 410 cc dipreteli habis hanya menyisakan mesin, rangka dan rangka. Lalu rodanya pun kini menggunakan ukuran 16 inci, dilengkapi ban gemuk dengan white wall. Uniknya, suspensi telah diganti dengan tipe yang mampu meredam guncangan secara optimal di jalanan tak rata. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*