Cerita Jack Miller Salah Ambil Jalur di FP1 MotoGP Catalunya Spanyol

0
Jack Miller salah ambil jalur
Jack Miller sampai mendapat bendera hitam akibat berkali-kali salah jalur di chicane Catalunya. Foto: MarcVDS

NaikMotor – Salah satu korban chicane baru Sirkuit Catalunya ialah Jack Miller yang mendapat black flag saat FP1, Jumat (9/6/2017). Pembalap Estrella Galicia 0,0 Marc VDS, Jack Miller salah ambil jalur selama 4 lap berturut-turut, ia masuk ke chicane buat F1 yang dipakai di musim lalu, dan melewati chicane buat MotoGP. 

Miller mengaku tidak melihat kesalahan sebab memang beda antara chicane buat F1 dan MotoGP cuma sebatas garis putih. Pembalap berpaspor Austrlia itu baru sadar ia salah ambil jalur saat Marc Marquez dan Cal Crutchlow menginstruksikannya untuk mengikutinya.

“Saya baru saja melakukan pemanasan!,” katanya setengah bercanda soal apa yang terjadi. “Saya memakai ban slick dan itu merupakan yang pertama, makanya saya  belum benar-benar merasakannya, jadi tidak menyadari kondisi lintasan,” celoteh Miller.

“Saat saya coba untuk memanaskan ban, terutama untuk mendapat suhu yang tepat di ban belakang, saya melakukan itu di jalur yang saya tahu itu benar, ternyata itu salah. Saya bahkan tidak memikirkannya, dan melihat bendera hitam, kemudian saya melihat Cal dan Marc, mereka sengaja menghajar gundukan di belokan,” lanjut Miller.

“Tiba-tiba mereka mengikuti saya dan saya berpikir ya ampun, ini aneh, mereka sebelumnya tidak membiarkan saya mengikutinya. Kemudian saya masuk ke belakang, dan ketika sampai di pit, saat itulah saya tahu telah mengacaukannya, seperti ‘Oh idiot, aku pukul nanti kamu tolol,” katanya.

Akibat Jack Miller salah ambil jalur dan dihukum bendera hitam, ia kemudian mengkritik soal tikungan baru tersebut. Tikungan pendek cepat kiri-kanan yang diharapkan dapat mencegah kecelakaan karena dibuat menjauhi dinding pembatas, kata Miller malah berpotensi menambah jumlah kecelakaan.

“Tikungan baru ini jelas bukan yang terbaik. Ini lebih dari chamber daripada chicane F1 dan itu menciptakan lebih banyak tabrakan. Maksud saya, apakah Anda melihat Alvaro Bautista saat dia jatuh di sana hari ini, motornya bahkan ada di lintasan. “Maksud saya, bayangkan jika ini terjadi sepanjang lomba, saya rasa ini sama amannya dengan pilihan yang kami miliki. Oke, dengan tata letak chicane F1 pembalap memang makin dekat ke dinding pembatas, tapi berarti Anda mesti mengerem lebih kuat lagi,” katanya.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here