Sempat Duel Dengan Valle, Adrian Finish ke-8 di WSSP300 2017 Donington

0
27
Adrian Finish ke-8
Pembalap Indonesia Ali Adrian #12 berhasil Finish ke-8 di ajang WSSP300 217 Donington. Foto: istimewa

NaikMotor – Pembalap Indonesia untuk World Supersport 300 Championship (WSSP300), Ali Adriansyah Rusmiputro memperoleh poin tambahan. Setelah Adrian finish ke-8 di WSSP300 2017 Donington, Minggu (28/5/2017).

Pembalap yang tergabung dalam Pertamina Almeria Racing Team, memperoleh tambahan 8 poin setelah Adrian finish ke-8 dari 36 pebalap. Dengan tambahan poin tersebut, sementara total poin yang sudah dikumpulkan Adrian adalah 10 poin.

“Allhamdulillah, race berjalan sesuai dengan prediksi. Saya berhasil finish di 10 besar, yaitu pada posisi ke 8,” kata Adrian. “Ini adalah hasil terbaik selama saya mengikuti WSSP 300 dan ini semua adalah hasil kerja keras seluruh tim.”

Dalam sesi latihan bebas pertama, catatan waktu Adrian cukup baik yaitu 1 menit 47,444 detik dan menempati urutan ke 13. Tetapi Adrian belum puas, dia ingin memperbaiki catatan waktunya, sehingga ia bersama dengan tim mekanik melakukan beberapa perubahan pada setting-an motornya. Sayangnya, perubahan tersebut tidak memberikan hasil seperti yang diharapkan. Sebab saat latihan bebas kedua catatan waktunya menurun menjadi 1 menit 48,406 detik dan berada di posisi ke 22.

Tetapi Pembalap binaan PT Pertamina (Persero) itu tidak surut, sebab saat kualifikasi setup dikembalikan seperti latihan bebas pertama. Hasilnya, Adrian mampu menorehkan waktu terbaiknya yaitu 1 menit 47.293 detik dan berada di urutan ke 3 pada grup Super Pole 1, yang artinya ia akan start di urutan ke 13 saat balapan berlangsung dan itu adalah posisi start terbaik selama Adrian berlaga di Ajang World Supersport 300.

Saat perlombaan, Adrian langsung berusaha semaksimal mungkin untuk melesat ke barisan depan. Dari posisi start ke 13, di tikungan pertama ia sudah berhasil maju ke posisi 11.

“Sejak awal start saya berusaha untuk sesegera mungkin bergabung dengan grup pebalap di depan, saya berusaha untuk membiasakan diri bertarung dengan pebalap-pebalap yang biasa berada di depan. Hasilnya kecepatan saya juga semakin bertambah mengikuti kecepatan mereka, walaupun dalam sebuah perlombaan pasti ada gangguan dan tekanan dari pebalap lain, sehingga kadang-kadang harus tutup gas dan tidak selalu clean lap,” jelas Adrian.

Sempat beberapa kali ia mendapat tekanan dari pebalap asal German, Alex Murley, namun hal itu dapat diatasi dengan baik. Setelah memasuki lap ke 5, Adrian semakin mendapatkan kecepatan dan ritme balapnya, dan berhasil mendahului beberapa pebalap lain yang ada di depannya. Lap time Adrian pun semakin membaik, bahkan di lap ke 11 catatan waktunya lebih tajam dari hasilnya saat sesi kualifikasi, yaitu 1 menit 46,358 detik. Adanya konsistensi serta kegigihannya, Adrian finish ke-8 setelah sebelumnya sempat duel dengan Pembalap Halcourier Racing, Daniel Valle.

“Allhamdulilah kita bisa improve, hasil sebelumnya kita ada di posisi 14, sekarang kita bisa berada di posisi ke 8. Semoga di race berikutnya, hasil yang kita peroleh bisa lebih baik lagi. Sekarang saya akan langsung kembali ke Almeria, untuk kembali berjuang dan berlatih keras, mempersiapkan diri untuk race berikutnya,” tutup Adrian. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY

*