RWin Development Solo: Peracik Motor Roda Tiga ‘Plug and Play’

17
5978

RWin-Development-Solo_4

Solo (naikmotor) – Salah satu pembaca kami dari Solo mengomentari artikel gugatan Piaggio terhadap Yamaha dan Piaggio terkait paten skuter roda tiga. Ternyata, RWin Development Solo sudah mengembangkan teknologinya dari 2005.

Adalah Dimitri Rubiyanto, pemilik Rwin Development di Solo yang mengembangkan motor roda tiga akibat banyaknya penderita difable yang memanfaatkan modifikasi motor dan terkesan asal-asalan.

Menurut Ruby, pria 60 tahun yang alumnus AKMI Solo, sejak 2005 sudah mulai mengembangkan sistem motor roda tiga pada motor Supra X.”Sebenarnya konsep motor roda tiga sudah mulai muncul tahun 1947 oleh pabrikan motor Ariel melalui sistem Tilting Three Wheel. Kini, berbagai pabrikan motor mengembangkannya dengan berbagai desain,” ujarnya.

Nah, hasil dari risetnya sekaligus pengalaman kerjanya di Opel AG Swiss di tahun 90-an, Ruby kemudian tergerak untuk membuat sistem yang aman dalam hal modifikasi motor khususnya untuk para difable.”Kami merancang sistemnya dengan teknologi, gambar melalui AutoCAD, pemilihan parts yang benar termasuk pengujian hingga ke Tawangmangu untuk memastikan kualitasnya,” sebut Ruby.

Hasil dari penelitiannya, lahirlah penemuan brilian yang disebutnya sebagai Ruby Twin Shock Floating Suspension dengan karya handmade di bengkelnya.”Sistem yang kami rancang modelnya Plug and Play jadi tidak dilas ke rangka asli dan terletak di bawah serta keamanannya dilengkapi Hidraulyc Tilting Lock,” sebut Ruby.

Kini hampir 40 model telah dia rancang dengan menggunakan basic motor mulai skutik, bebek hingga sportbike seperti Tiger, Pulsar. Sementara mengenai biayanya, Ruby menjelaskan tergantung model yang dibuat dari yang sederhana mulai Rp 6,5 juta hingga belasan juta ruiah.

Untuk legalitasnya, Ruby menjelaskan membuat surat keterangan untuk kebutuhan khusus dengan teknologi yang benar dan penggunaan part yang legal. Promosi yang dia lakukan banyak disosialisasikan melalui social media seperti youtube, flicker, pinterest dengan keyword Rwin Solo.

Kini konsumennya datang dari berbagai kota, mulai Merauke, Manado, Denpasar hingga ke Filipina. (Arif/nm) Foto:Rwin Solo    

RWin Development

Studio: Jl. Jambu No.17 Jajar Solo 57144

Bengkel : Desa Klodran, Colomadu

Telp. 0271 711891

17 COMMENTS

    • saya sangat tertarik sekali dengan disain yg di buat oleh Rwin DevelopmentSolo,yg mau saya tanyakan berapa dana yg diperlukan utk melakukan modifikasi seperti itu sampai selesai?sebelumnya saya ucapkan terimakasih

  1. RWin Development SOLO sebagai kreator Trike Kompetensinya tidak perlu dipertanyakan lagi beliau sangat2 paham betul akan Kebutuhan Difabel Saya sbg User beliau sangat Puas akan Produk Trike buatan Beliau.

    Eko Prabawanto/ Jakarta
    Pemilik Trike Vario B 6764 VHA

    • Keren tenan mas…seprono seprene lagi ketemu saiki. Biar baru lihat videonya sedikit…tapi aku yakin…..
      Nek karo aku jok larang2 yo mas….
      Aku sering Bdg – Jkt / JaTeng.. numpak mtr.
      Nyuwun no Hp/WA ne mas…
      Monggo dilanjut.
      Sugeng siang.

  2. Can you export leaning front trke or quad kits to Vietnam that are compatible with Honda, Yamaha models in Vietnam?

    If not are you interested in selling to my company in vietnam as a distributor?

    Please feel free to contact me at this address .Please put TRIKE in subject line of email

    Regards
    Pal Irvin

  3. Boleh minta contact person no hp atau wa? Saya dari mojokerto ingin memodifikasi atau ambil dari tempat bapak. Honda beat atau vario difabel. Trims. Ditunggu responnya.

  4. No wa nya berapa ya, saya berminat utk tahu detail biaya yg di oerlukan modifikasi mio, jadi 2 roda depan

  5. Saya infInite

    Sales

    Saya infu j

    Saya ingin membeli trike kit untuk Pamasangan motorsikal SYM 200cc . Sila beritahu kos harganya jika dikirim ke Malaysia. Motorberoda tiga belakang dengan reversible gear (undur belakang) Pemasangan akan dibuat sendiri

  6. Saya ingin membeli trike kit bagi motorsikal SYM 200cc Motor beroda tiga.Dua road dibelakang dengan reversible gear (undur belakang) ke Malaysia Pemasangan akan dibuat sendiri.

    Sales

    Saya infu j

    Saya ingin membeli trike kit untuk Pamasangan motorsikal SYM 200cc . Sila beritahu kos harganya jika dikirim ke Malaysia. Motorberoda tiga belakang dengan reversible gear (undur belakang) Pemasangan akan dibuat sendiri

LEAVE A REPLY

*