BrakeFree, Inovasi Baru Lampu Keselamatan Kendaraan

0
BrakeFree
BrakeFree merupakan sistem lampu LED yang ditaruh di bagian belakang helm pengendara, dan berfungsi sebagai sebagai lampu visibilitas tambahan. Foto: Istimewa.

NaikMotor – Lampu belakang motor kadang tidak cukup menunjukkan keberadaan kendaraan. Beberapa inovasi kemudian mencoba menjawab tantangan itu lewat aksesori keselamatan. Seperti yang dilakukan oleh produsen BrakeFree.

Pada dasarnya BrakeFree merupakan sistem lampu LED yang ditaruh di bagian belakang helm pengendara. Fungsinya sebagai lampu visibilitas tambahan penanda keberadaan bagi pengendara atau orang lain di sekitar.

Kendati terkesan sederhana, namun tidak soal teknologi yang dipakai. Perangkat tersebut diklaim sebagai aksesori tambahan keselamatan motor pertama yang mengadopsi teknologi deteksi ke sistem pengereman tanpa sambungan kabel.

“Butuh dua tahun untuk merampungkan penemuan saya ini,” kata Alex Arkhangelskiy, CEO & Founder BrakeFree.

Cara kerjanya lampu akan terus menyala, dan saat pengendara melambat maka lampu akan menyala lebih terang. Sistem kerja ini sama seperti lampu belakang motor, di mana lampu kecil terus menyala dan menyala lebih terang ketika mengerem.

Keunggulannya, jika pengendara ngerem mendadak maka lampu akan berkedip-kedip cepat. Kilasan lampu kedap-kedip tersebut dikatakan lebih efektif bagi pengendara atau pengemudi di belakangnya, dan aman bagi visibilitas orang sekitar.

Alex mengklaim alatnya sangat berguna karena terletak di belakang helm. Mudah dilihat pengendara lain sebab sejajar pandangan mata. BrakeFree menggunakan baterai. Lama waktu pengisian dari kondisi kosong 2 jam dan bisa dipakai sampai 8 jam.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

*