Yamaha Yard Built, XJR1300 20th Anniversary Skullmonkee

0
51

XJR1300-Skullmonkee-006

Copenhagen (naikmotor) – Melalui program Yard Built berbasis Yamaha XJR1300, Yamaha memilih para builder di Eropa untuk membangun custom bike. Kali ini Wrenchmonkees di Denmark melansir Skullmonkee.

Skullmonkee yang digarap Wrenchmonkee di Copenhagen Denmark adalah motor khusus yang dibuat dalam rangka merayakan 20 tahun Yamaha XJR 120/1300. Konsepnya stock custom, karena banyak mempergunakan parts bolt-on ketimbang memotong atau mengelas chassis.

“Kami fokus mendandani motor untuk keindahan dan gaya tanpa memotong atau mengelas rangka. Kami memastikan tidak melakukan perubahan desain yang radikal untuk membangunnya”, ujar Peer Nielsen dari Wrenchmonkee.

Mereka hanya melepaskan beberapa bagian yang melekat pada motor standar kemudian didesain dipadukan referensi aksesori dan parts bolt-on dari merek lain untuk kemudian menciptakan gaya sendiri.

Meski demikian, Wrenchmonkee memiliki kreasi handcraft seperti triple tree dan cover mesin aluminium. Setang clip-on mengadopsi LSL Speed Match dengan memakai grips produk Bitwell. Di bagian front-end juga terpasang headlight custom bersinar kuning serta mini digital speedo dari MMB.

Karena memiliki mesin bertenaga gahar, perangkat pengereman dirancang khusus dengan menginstall produk Beringer dari kaliper depan belakang, master cylinder, sementara piringannya diambil dari Hypersport. Agar matching di tampilan depan, master kopling juga diadopsi dari Beringer serta finishing memakai selang black steel braided.

Sementara gear set dari LSL berwana matt black dicustom oleh Wrenchmonkee untuk memberikan kesan agresif dipadukan dengan shockabsorber dari Ohlins STX 36. Bannya memakai Michelin Pilot Road 4 berukuran 180/55×17 di belakang dan 120/70×17 di roda depan.

Terakhir, Wrenchmonkee mengcustom muffler dari konfigurasi empat menjadi dua moncong berbahan stainless. (Arif/nm) Foto: wrenchmonkee

LEAVE A REPLY

*