Ban Tanpa Pompa Airless Bridgestone Mulai Diproduksi 2019

0
320
Ban Airless Bridgestone
Ban tanpa tekanan angin Bridgestone akan segera diproduksi pada 2019. Foto: Bridgestone

NaikMotor – Ban Airless atau non pneumatic atau ban tanpa angin bertekanan kelak bukan hanya jadi konsep saja. Pasalnya, ban Airless Bridgestone akan mulai diproduksi 2019.

Ban Airless bukan sebuah konsep baru pula selama ini. Idenya sudah hadir bertahun-tahun lalu yang muncul dalam berbagai prototipe dan diterapkan pada berbagai kendaraan, termasuk kendaraan militer. Tetapi Bridgestone mecoba melakukan yang lebih lanjut dengan menguji dan memproduksinya, tetapi sementara untuk sepeda kayuh terlebih dahulu.

Ban Airless Bridgestone
Ban Airless Bridgestone Air Free Concept akan diproduksi dan diterapkan pada sepeda terlebih dahulu. Foto: Bridgestone

Ban Airless yang disebut sebagai Bridgestone Air Free Concept itu akan segera diuji terlebih dahulu sebelum memasuki masa produksi pada 2019. Untuk melakukanya, dua perusahaan Bridgestone Corporation bersama Bridgestone Cycle Co., Ltd., akan melakukan feasibility study terhadap konsep ban tak butuh pompa itu.

Air Free Concept Bridgestone adalah teknologi yang akan menghilangkan kebutuhan angin bertekanan pada ban. Konsep dilengkapi dengan spoke (jari-jari) yang berstruktur unik dengan bahan yang sama, karet dan resin sehingga lebih efisien dari kebutuhan bahan tersebut. Kelebihan lainnya, beban bantalan akan berkurang, desain lebih ramah lingkungan dan meningkatkan performa pengendaraan.

Bridgestone telah memperkenalkan konsep ban non pneumatic itu sejak 2013 di Tokyo Motor Show. “Struktur unik spoke akan menopang beban kendaraan, dan tidak membutuhkan pengisian angin bertekanan, sehingga perawatannya lebih sedikit,” demikian dinyatakan pihak Bridgestone dalam paparannya. “Demikian pula dengan kekhawatiran akan kebocoran menjadi berkurang. Struktur spoke akan berbahan resin termoplastik dan karet yang pada bagian tapak merupakan material yang bisa didaur ulang, sehingga lebih efisien dalam penggunaan bahan alam.”

Ban Airless Bridgestone juga memiliki rolling resistance rendah dan akan mengurangi emisi CO2 dalam penggunaanya selain itu, lebih aman. Meskipun baru akan diproduksi untuk sepeda terlebih dahulu, sepertinya untuk penerapan pada produk industri otomotif akan segera menyusul, dan menggantikan peran ban bertekanan angin yang telah selama lebih dari 1 abad digunakan dalam industri otomotif. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*