Peduli Laut Indonesia, Brotherhood For Nature Ikut Jambore Selam di Ambon

0
116
Jambore selam di Ambon
Tim Brotherhood For Nature Celebes mengikuti Jambore Selam Nasional di Ambon. Foto: Istimewa

NaikMotor – Keberadaan Brotherhood For Nature sebagai bagian dari program kepedulian Bikers Brotherhood MC (BBMC) Indonesia terhadap alam tidak hanya aktif di darat. Mereka turut peduli kelestarian laut Indonesia di event berskala nasional di mana tim Brotherhood For Nature ikut jambore selam di Ambon, 2-8 April 2017.

Acara yang digagas Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia (FOPMI) VIII  di Universitas Pattimura (Unpatti), Ambon, Maluku mengangkat tema “Pesona Bumi Seribu Pulau”. Selain diikuti tim-tim selam dari kalangan kampus, acara ini juga melibatkan kelompok-kelompok pecinta alam lainnya, termasuk Brotherhood For Nature Celebes yang diwakili SDC Morowali.

“Perwakilan Pemda Maluku bahkan ingin menjadikan Maluku sebagai pusat penyelaman di Indonesia lantaran banyaknya pulau dengan keindahan terumbu karang yang mempesona dan biota laut yang beragam,” ujar Rahmat, salah satu panitia, seperti dikutip detik.com,  Selasa (4/4/2017) .

Selama berada di Maluku, peserta dimanjakan dengan keindahan bawah laut Tulehu (hot spring), yaitu tempat yang memilki air panas dan hangat keluar dari dasar laut membentuk gelembung-gelembung. Kegiatan lainnya yakni transplantasi karang, cleaning coral reef, dan restorasi perairan untuk menjaga kelestarian terumbu karang yang akan dilakukan di Pulau Pombo.

Peserta juga akan melakukan Fun Dive II di Gua Ukurila, tempat favorit bagi penyelam mancanegara dalam gua bawah laut. Fun Dive III melakukan penyelaman di Wayame Ship Wreck, yaitu tempat penyelaman yang memiliki bangkai kapal Amerika Serikat (AS) yang berada di dasar laut dan tenggelam lantaran terkena bom. Selanjutnya, tahapan Dive IV penyelaman dilakukan di Morella dan terakhir Fun Dive V di Tanjung Setan.

Sementara tim Brotherhoof For Nature Celebes dalam jambore selam di Ambon diwakili tim SDC Morowali binaan Irfant Giant menyertakan Alauddin, Ahmad Adianto Akif. Menurut  AKBP Edward Indharmawan, Kapolres Morowali yang juga Life Member BBMC selaku koordinator BFN di Sulawesi, pihaknya selalu mendorong kegiatan yang berhubungan dengan pelestarian alam.“ Acara ini merupakan agenda tahunan mahasiswa penggemar selam seluruh Indonesia. Dari BFN Celebes, kita berkomitmen aktif berperan serta dalam giat acara yang berorientasi pada lingkungan hidup baik itu di darat maupun berhubungan dengan ekosistem di laut termasuk mengangkat potensi wisatanya,” sebut Edward yang akrab disapa Edu. Respect! (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*