Triumph Bonneville Kena Recall Lagi Soal Kabel ke Fuel Pump

0
70
Triumph Bonneville kena recall
Triumph Bonneville direcall kembali di India karena masalah kabel fuel pump. Foto: Triumph

NaikMotor – Model retro klasik Triumph Bonneville kena recall lagi di India karena ditengarai memiliki masalah soal kabel yang terhubung dengan komponen fuel pump. 

Belum lama, model andalan Triumph itu, sekitar awal Januari 2017, di-recall di Amerika Serikat karena masalah pemanas grip gas. Imbauan untuk perbaikan atau recall bagi beberapa unit Triumph Bonneville terjadi di India. Program yang disebut oleh pabrikan Inggris itu sebagai ‘preventive part replacement’ telah ditujukan bagi beberapa pemilik yang unitnya termasuk dalam daftar bermasalah.

Triumph Bonneville kena recall lagi di India menyangkut masalah kualitas kabel yang kurang baik untuk terhubung dengan komponen fuel pump. Triumph telah mengidentifikasi unit-unit tertentu berdasarkan nomor sasis apa saja yang terkena masalah dan sudah mengirimkan surat elektronik kepada pemiliknya. Untuk pergantian komponen tersebut, pihak diler tidak akan memungut biaya apapun.

Triumph Bonneville Direcall Kembali
Triumph Bonnevile T120 dan edisi T120 Black. Foto: Triumph

Di India, Triumph Bonneville memiliki 5 model plaform yang sama yakni, Street Twin, Bonneville T100, Bonneville T120, Thruxton R dan Bonneville Bobber. Kelimanya menjadi penyumbang penjualan Triumph di India sebesar 35% atau teratas, disusul posisi berikutnya baru diisi oleh model adventure, yakni Tiger.

Sementara recall di Amerika Serikat Januari 2017 lalu menyangkut perbaikan pada pemanas grip gas. Recall telah dilayangkan oleh Triumph Amerika Serikat karena 179 Triumph Bonneville T120 dan T120 Black bermasalah. Imbauan untuk perbaikan unit-unit Triumph terbaru yang diproduksi antara 2016-2017.

Menurut catatan Badan Keselamatan Tranportasi Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA), saat pemanas grip dinyalakan, ternyata saat memuai grip gas menjadi kurang cukup celahnya. Akibatnya putaran gas menjadi berat atau malah macet. Hal tersebut akan menyebabkan putaran mesin tak bisa dinaikkan atau diturunkan. Kondisi demikian bisa menyebabkan kecelakaan karena kecepatan sepeda motor tidak bisa diatur.

Bonnevile T120 dengan kapasitas mesin 1.200 cc dua silinder itu berpendinginan radiator, modelnya klasik terinspirasi roadster 1970-an bernama sama. Tetapi T120 berfitur moderen dengan transmisi 6 percepatan manual. Teknologi pengendaraannya menggunakan sistem ride by wire dilengkapi dengan fitur kontrol traksi, ABS, kemudian lampu utama LED serta mode pengendaraan dan dua instrumen cluster. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*