Repsol Honda Pilih Aoyama, karena Risiko Paling Minim!

0

Aoyama-Repsol-Honda

Jepang (naikmotor) – Dani Pedrosa sudah menjalani proses operasi arm pump yang ketiga kali dengan teknis khusus. Dari konfirmasi tim dokter yang mengoperasi pembalap asal Spanyol itu, mereka menegaskan bahwa Pedrosa butuh 6 pekan untuk menjalani proses pemulihan kondisi.

Artinya Ia akan melewati dua seri penyelenggaraan MotoGP tahun ini. Meski rumor pemilihan pembalap pengganti sempat alot di antara para fans, namun tim Repsol Honda menjatuhkan pilihan pada Hiroshi Aoyama sebagai pengganti sementara.

Lalu mengapa Aoyama? mengapa bukan Casey Stoner, Cal Crutchlow atau bahkan Jack Miller yang nyata-nyata punya potensi besar? Alasannya yang paling mudah, adalah karena Aoyama adalah pilihan yang paling minim risiko. Baik itu risiko di lintasan, atau pun konfllik antara sponsorship.

Alasan pertama adalah karena Ia sekarang sudah berstatus sebagai test rider Honda Racing Corporation (HRC). Ia bahkan membantu pengembangan Honda RC213V selama tes resmi pra musim MotoGP 2015. Dimana ia meraih lap time ke-14. Hal kedua yang jadi alasan terbesar adalah karena ia sudah berpengalaman menggunakan ban Bridgestone. Tentu ini adalah alasan terbesar pemilihan pembalap.

Lalu hal ketiga adalah karena Aoyama sudah hafal dengan karakter sirkuit di Austin dan Argentina. Meski hanya berstatus pembalap pengganti, namun penting bagi tim Repsol Honda, mengingat mereka harus mengumpulkan poin maksimal di setiap seri. Pastinya agar bisa bersaing di klasemen konstruktor dan tim.

Sementara jika memilih Stoner, tentu akan menjadi pilihan yang tepat. Masalahnya Stoner sendiri sudah menegaskan berkali-kali bahwa ia tak ingin lagi kembali ke ajang balap MotoGP. Apalagi sebagai pembalap yang akan berkompetisi mengemban tugas pengganti. Toh ia tak perlu membuktikan apa-apa lagi di MotoGP.

Kemudian jika memilih Crutchlow, pastinya akan ada konflik antar sponsorship. Lantaran pembalap asal Inggris itu jadi brand ambassador Monster Energy Drink. Sementara tim Repsol Honda disponsori oleh minuman energi Red Bull. Sedangkan Jack Miller tak masuk dalam pilihan, karena memang ia dialokasikan untuk fokus beradaptasi di tahun pertamanya. (Spy/NM) Foto: Dorna MotoGP

LEAVE A REPLY