Begini Sosok Superbike Ducati V4 Jika Diproduksi Nanti

0
150
Ducati V4 diluncurkan 7 september
Sosok Superbike Ducati bermesin V4 rancangan olah komputer Young Machine. Foto: Young Machine

NaikMotor – Setelah dikonfirmasi oleh Bos Ducati sendiri, sosok Superbike Ducati V4 muncul dalam bentuk rendering media Jepang Young Machine.

Meski belum jelas benar kapan akan diproduksi, mesin V4 yang dianggap keluar dari pakem Ducati selama ini telah mengemuka terlebih setelah CEO Ducati, Claudio Domenicali menegaskan rencana itu saat berkunjung ke Flagship Store Ducati Indonesia besutan Garansindo Euro Sports di Kemang, Jakarta Selatan (17/2/2017).

“Kami melakukan pengembangan mesin (V4). Jadi, bisa saja nanti (pemilik motor Ducati) memiliki motor seperti yang dikendarai Jorge Lorenzo. Pengalaman kami lebih dari 14 tahun tampil di MotoGP dan kami bisa mengambil kelebihan (dari motor MotoGP) ke motor superbike kami. Mesin V-Twin merupakan mesin yang bagus, seperti mesin 1.300cc di motor (Ducati) Superleggera, tapi kami juga akan menggali potensi dari mesin V4 yang lebih lembut entakan di putaran bawah tapi juga bisa kencang pada putaran tinggi.”

Selama ini mesin penggerak sepeda motor Ducati untuk versi jalanan menggunakan konfigurasi V-Twin 90°. Sementara mesin V4 merupakan jenis mesin khusus yang digunakan pada motor Ducati Desmosedici GP yang sekarang dipacu Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso di MotoGP. Ducati akan mengembangkan mesin di MotoGP dan menitiskan teknologinya ke motor produksi. Jadi, bukan tidak mungkin motor jalanan seperti Panigale memiliki karakter seperti Desmosedici GP17.

Sepertinya, guratan sketsa sosok Superbike Ducati V4 yang ditampilkan oleh media Jepang itu paling tidak menjadi pengisi waktu jeda kepastian rancangan sesungguhnya mesin V4 dari pabrikan di Borgo Panigale.

Mimpi untuk melihat Ducati V4 memasuki jalur produksi sepertinya semakin menguat ke permukaan. Walaupun sketsa media Young Machine tidak bisa dianggap sebagai wujud pasti. Sekalipun media itu melakukan hipotesis mendasar antara sosok Panigale saat ini dengan berbasis 1299 Superleggera terkini, bahkan memadukannya dengan prototipe Desmosedici yang tengah digunakan untuk MotoGP 2017. (Afid/nm)

Sosok Superbike Ducati V4
Superbike Ducati V4 muncul dalam bentuk rendering media Jepang Young Machine, memadukan Panigale, 1299 Superleggera dan Desmosedici GP17. Foto: Young Machine Meski belum jelas benar

LEAVE A REPLY

*