Juara di Qatar: Jatah Kapasitas Tangki Ducati Dibatasi 22 Liter

0

Jatah-BBM-Ducati

Losail (naikmotor) – Sesuai dengan aturan dalam regulasi balap MotoGP sejak tahun 2014 lalu, bahwa jika Ducati mampu menempatkan pembalapnya 3 kali di podium (tidak menang), maka jatah kapasitas tangki bahan bakar (BBM) di motor mereka dikurangi. Yaitu dari 24 liter ke 22 liter saja.

Karena Ducati mampu menempatkan dua pembalap langsung di MotoGP Qatar dan digabung dengan pencapaian podium di MotoGP Austin 2014, maka jumlah totalnya ada 3 podium. Jadi sesuai dengan regulasi yang mengaturnya FIM Road Racing Championship GP Nomor 2.4.4.5.5, bahwa kapasitas tangki bbm motor bakal direduksi ke 22 liter saja.

Regulasi ini akan diberlakukan untuk semua pembalap Ducati yang menggunakan motor dengan spesifikasi Factory Bike (FB). Mereka yang jatah bbmnya berkurang adalah Andrea Dovizioso, Andrea Iannone, Yonny Hernandez dan Danilo Petrucci.

Sedangkan motor Ducati yang turun di kategori Open Class takkan berimbas apa-apa pada regulasi tersebut. Aturan ini bakal mulai diberlakukan untuk MotoGP Austin yang bakal berlangsung 12 April mendatang. Namun rasanya Ducati takkan mengalami kesulitan dengan dihilangkannya jatah kapasitas tangki bahan bakar mereka.

Namun beberapa pihak menganggap bahwa pengurangan jatah kapasitas tangki bahan bakar ini, tak bakal berpengaruh besar. Kita lihat saja nanti! (Spy/NM) Foto: Ducati Motor Holding SpA

LEAVE A REPLY