IIMS 2017 Dongkrak Penjualan Industri Otomotif Menjelang Lebaran

0
71
IIMS 2017 Dongkrak Penjualan Industri Otomotif
IIMS 2017 dongkrak penjualan otomotif di awal tahun. Foto: Dyandra

NaikMotor – PT Dyandra Promosindo menjadwalkan Indonesia International Motor Show (IIMS) di semester pertama tahun 2017, yakni  tanggal 27 April sampai 7 Mei 2017. Penetapan tanggal tersebut dengan mempertimbangkan tujuan IIMS 2017 dongkrak penjualan industri otomotif menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Konsep karnaval dipilh untuk mendukung tema besar IIMS, yakni ‘The Essence of Motor Show’, di mana bukan hanya sekadar membuat pameran otomotif untuk mengejar transaksi penjualan, tapi juga memberikan kesenangan kepada pengunjung.

Luas arena penyelenggaraan IIMS juga disiapkan lebih besar dari tahun lalu, menggunakan hampir seluruh hall Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat. Dengan begitu, bukan hanya jumlah tenant yang dipastikan bertambah, tapi juga ditargetkan bisa menyedot lebih banyak pengunjung dari tahun lalu yang mencapai lebih dari 450 ribu pengunjung.

“Apalagi luas area IIMS 2017 kini lebih luas dibandingkan tahun lalu dan nyaris menggunakan seluruh area JIExpo, ditambah dengan tema pendukung ‘Canival’ yang menawarkan konsep kuat suasana pameran otomotif yang menggembirakan, meriah dan akan memberikan kesan mendalam bagi pengunjung IIMS 2017,” ucap Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh.

IIMS tahun ini digelar kurang dari sebulan menjelang bulan Ramadhan 1438 Hijriah, dan tren pasar otomotif biasanya bergeliat kuat menjelang Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri. Pembelian kendaraan diperkirakan meningkat berkenaan dengan tradisi mudik di hari raya.

“Biasanya, pola pembelian mobil atau sepeda motor dan komponen-komponen pendukungnya akan melonjak di saat-saat menjelang Lebaran. Pembelian kendaraan baru meningkat antara lain berkat adanya program-program menarik yang ditawarkan oleh para produsen otomotif. IIMS 2017 dapat dibilang merupakan gelaran yang tepat untuk mempertemukan antara supply and demand pasar otomotif menjelang Lebaran,” papar Hendra.

Tahun ini, jumlah Agen Pemegang Merk (APM) kendaraan roda dua dan empat yang ikut berpartisipasi di IIMS meningkat dibandingkan tahun lalu dengan total 50 APM. Di antara APM sepeda motor yang sudah memastikan tampil di IIMS 2017, yakni PT Maxindo Moto (BMW Motorrad), PT Astra Honda Motor (Honda), PT Kawasaki Motor Indonesia (Kawasaki) dan PT. Smart Motor Indonesia (Kymco).

Daftar peserta tersebut masih belum final, karena beberapa APM masih dalam proses kesepakatan denga pihak Dyandra Promosindo. Beberapa merek besar dikabarkan ikut berpartisipasi tapi belum menyelesaikan proses registrasi. “Masih akan ada beberapa merek lain yang akan diumumkan selanjutnya,” tegas Hendra.

Sementara itu, Blibli.com akan menjadi partner bisnis elektronik IIMS 2017, yang mana perusahaan e-commerce tersebut memfasilitasi kredit dengan bunga nol persen dan tenor 24 bulan untuk tenant yang ingin berpartisipasi dalam pameran nanti.

Selain itu, para produk yang dijual peserta di IIMS 2017 bisa dipasarkan lewat Blibli.com. Hal itu memungkinkan konsumen di luar kota yang tidak bisa datang langsung ke JIExpo bisa membeli barang secara online.

“Sebagai contoh, jika seseorang di Semarang tidak dapat hadir ke IIMS 2017 untuk mencari head unit audio misalnya, ia bisa mendapatkan barang tersebut melalui situs blibli.com dengan harga dan promo yang sama dengan yang ada di IIMS,” terang Hendra. (rls/NM)

 

LEAVE A REPLY

*