Sari Agustina, Gadis Cilik Pembalap Matic Penuh Bakat dari Serang

0
Sari Agustina
Sari Agustina, gadis cilik asal Serang yang meniti karier di balap Matic Race. Foto: Arif

NaikMotor – Sari Agustina, pembal cilik asal Serang, Banten mencoba peruntungnannya di dunia balap motor Tanah Air. Di usia yang masih sangat belia, ia mulai aktif mengikuti kejuaraan matic race, berkompetisi dengan pembalap senior.

Sebelum memilih jalan sebagai pembalap roda dua, Sari mendalami keahlian sebagai atlet panjat tebing. Sejumlah gelar juara pernah ia cicipi dari cabang olahraga ekstrem tersebut. Ia pun mahir beraksi dengan sepatu roda, bahkan pernah menjadi juara di salah satu kompetisi olahraga yang mengandalkan keseimbangan kaki tersebut.

Kini, Sari yang masih bersekolah di kelas 6 SD Cianggung Serang meniti mimpinya untuk menjadi pembalap wanita profesional. Di Serang, bocah berpostur jangkung tersebut dimentori Uciel Deo, manajer Tim FDR KYT Mimaki Uciel CLD Deo Racing Management.  Di event Matic Race Serang beberapa waktu lalu, Sari bisa menjadi juara kedua dan ketiga di kelas berbeda, sebuah pencapaian yang luar biasa bagi pendatang baru.

Event kedua dilakoni Sari di ajang Sumber Production Trijaya Open Road Race Championship 2017 kelas Matic 115 Wanita kemarin (24-25/2/2017) di Sirkuit Brigif Cimahi, Sari berhasil mencapai posisi kesepuluh, di antara 26 rider yang rata-rata senior.

“Senang bisa bersaing dengan pembalap-pembalap senior dan finis ke-10. Aku punya kelebihan fisik, karena hampir setiap hari latihan. Jadwalnya 2 kali seminggu latihan balap, selebihnya fisik,” sebut Sari.

Perjuangan Sari mewujudkan karier di balapnya tidaklah mudah. Ia harus naik angkutan umum dari rumahnya di Taman Banten Lestari ke Pandeglang hampir satu jam untuk latihan.”Bagi waktu sekolah dengan latihan aja, karena latihan biasanya sore hari. Kalau ikut balapan karena menurun dari Ayah aku yang juga pembalap,” ujar Sari yang mengidolakan Raya Kitty dan Marc Marquez.

Menurut Uciel Deo, Sari Agustina memiliki bakat yang bagus dalam balapan, selain karena punya basis olahraga ekstrem seperti panjat tebing dan sepatu roda. “ Ia punya mental juara dan cerdas. Makanya saya latih dia lebih banyak fokus ke teknik balap,” sebut Uciel.

Uciel sendiri sudah meretas beberapa pembalap wanita berbakat yang kini diperhitungkan di ajang balap motor domestik. Sebut saja Ayatussypa dan Eca Sabana Putri, dua sosok pembalap matic yang juga piawai membesut skuter Italia di lintasan balap.

Bersama tim asuhan Uciel, Sari disiapkan turun di Kejuaraan Matic Race Banten dan beberapa seri Kejuaraan Daerah (Kejurda) Balap Motor Jawa Barat. (Arif/Yudistira/nm)

LEAVE A REPLY