Sinnob Driving Belt, Inovasi Pengganti Penggerak Rantai dengan Sabuk

0
Sinnob Driving Belt
Sinnob Driving Belt diperkenalkan sebagai penganti penggerak rantai dengan sabuk. Foto: Arif

NaikMotor –  Sinnob, merek yang selama ini identik dengan sprocket gear, kali ini mengeluarkan produk inovatif yakni Sinnob Driving Belt, pengganti penggerak rantai dengan sabuk berbahan anti peluru. Perangkat drive train ini dikembangkan hingga tujuh tahun.

Dalam acara perkenalan di hadapan media dan komunitas,hari ini, Kamis (23/2/2017) di Cibubur, Sinnob Driving Belt merupakan perangkat penggerak roda menggunakan V belt bukan lagi rantai untuk motor yang baru tersedia untuk tipe sportbike.

Menurut Bardi dari divisi riset Sinnob, perangkat penyalur tenaga ini dikembangkan dari konsep motor besar (H-D) untuk kemudian dirancang dengan berbagai peneltian dan pengujian sehingga bisa dipakai untuk motor kecil yang membutuhkan rpm tinggi.

“ Model belt untuk Harley-Davidson Sportster itu tahun 2013 harganya Rp 3,5 jutaan. Makanya kita berpikir keras bagaimana caranya membuat harganya terjangkau dengan kualitas bagus. Sabuk (belt) dibuat dari kevlar bahan anti peluru dan polyurethane sementara gir depan dan belakang dari besi komposit berlapis polyurethane,” sebut Bardi yang mengaku hampir tujuh tahun mengembangkannya.

Sinnob memberikan garansi tiga bulan untuk produknya dengan masa pakai belt sejauh 41.000 km, sementara gir depan dan belakang berdurasi 50.000 km. Belt ini dirancang Sinnob mampu menahan daya entakan beban 8 ton. Dalam kemasan yang dijual, Sinnob Driving Belt seberat 4 kg, terdiri dari gir depan, gir belakang, v belt, oli, buku manual dan kartu garansi.

“ Tentu saja menggunakan Sinnob Driving Belt, entakan akan lebih smooth termasuk ketika perpindahan gigi dan memperkecil daya gesek. Selain itu juga perawatan lebih mudah. Kami menyertakan panduan cara memasangnya di setiap kotak penjualan. Perangkat ini juga modelnya plug and play semudah memasang gir rantai. Selain itu juga perawatannya mudah, hanya cukup dibersihkan dengan air dan sabun,” sebut Fajar Basuki, PR & Maketing Manager Sinnob.

Sementara ini, Sinnob baru membuat untuk motor Honda Tiger, Honda CB150R, Honda CBR150R, Ninja 250FI/Carb serta Yamaha V-ixion Old/Advance dan Lightning.” Kami baru memproduksi untuk tipe motor yang selama ini banyak digunakan oleh para motoris untuk touring. Kita tengah mencoba meriset  untuk motor bebek MX King 150,” sebut Fajar.

Harga Sinnob Driving Belt adalah Rp 1,5 juta untuk Honda Tiger, Honda CB150R, Honda CBR150R dan Yamaha V-ixion Old/Advance dan Lightning. Sementara untuk Ninja 250FI/Carb dijual Rp 2,5 juta.

Ada sembilan warna yang ditawarkan Sinnob Driving Belt untuk gir  yakni merah,kuning, hitam, biru, putih, gold, silver, sky blue, orange, sementara sabuk tetap berwarna hitam. (Arif/nm)

Perbandingan Rasio Gir
Standar            Sinnob Belt
Kawasaki Ninja 250R      14/45 (3,21)    16/51 (3,18)
Honda CB150R               15/45 (3,0)      16/54 (3,37)
Yamaha V-ixion              15/46 (3,06)    16/54 (3,37)
Honda Tiger                   13/43 (3,3)       16/49 (3,06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here