Curi Start Datang ke Australia, Iannone dan Rins Tes Suzuki GSX-R1000R

0
Suzuki GSX-R1000R
Iannone dan Rins mencoba Suzuki GSX-R1000R di Sirkuit Phillip Island. Foto: Suzuki

NaikMotor – Dua pembalap tim Suzuki Ecstar MotoGP, Andrea Iannone dan Alex Rins sudah tiba di Australia, Senin (13/2/2017), dua hari sebelum bergulirnya tes resmi MotoGP Australia (15-17/2/2017). Keduanya melakukan kegiatan bersama diler Suzuki dan mencoba produk terbaru Suzuki GSX-R1000R di Sirkuit Phillip Island.

Iannone dan Rins memainkan superbike terbaru Suzuki dalam agenda international press launch GSX-R1000R. Pada kesempatan yang sama, mereka bertemu dengan delegasi diler-diler Suzuki di Australia.

Meski cuaca tidak begitu baik, dua pembalap tersebut tetap melanjutkan tes dengan antusias. Iannone bahkan sempat membandingkan performa motor pabrikan tersebut dengan GSX-RR yang ia gunakan di MotoGP.

gsx_r1000r_test_2

GSX-R1000R memang mendapaptkan titisan DNA dari motor GSX-RR. Arah pengembangannya mengikuti motor yang sudah bisa menjadi pemenang seri balap MotoGP bersama Maverick Vinales tahun lalu di Inggris.

Mesin 1.000cc Suzuki GSX-R1000R mampu mendorong tenaga maksimal mencapai 202 daya kuda pada 13.200 rpm, sedangkan beratnya hanya 203 kilogram, sehingga menghasilkan rasio power to weight nyaris 1:1. Handling motor ditunjang oleh suspensi depan Showa BFF, dan belakang Showa BFRC.

Soal teknologi, motor yang diperkenalkan di Intermot, Jerman tahun lalu itu sudah dibekali bi-directional quick shifter, launch control, motion track traction control yang juga diaplikasikan pada GSX-RR. Pengereman disempurnakan oleh sistem ABS Controlled by IMU (Inertial Measurement Unit) yang membuat pengereman lebih presisi.

“Untuk sebuah motor pabrikan, GSX-R1000R sangat mengesankan. mesin sangat bertenaga tetapi distribusi power mudah dikendalikan dan aman untuk pengendara amatir. Hal paling mengesankan adalah cornering speed di sirkuit, mengingatkan saya pada motor GSX-RR. Saya juga suka gir transmisi, quick shifter sangat lembut, dan memungkinkan untuk berkendara dengan nyaman,” ungkap Iannone.

gsx_r1000r_test_3

Sementara itu, Rins memuji performa GSX-R1000R dan mengungkapkan motor bertenaga besar itu menyenangkan diajak melaju kencang dan bermanuver.

“Power mesinnya mengagumkan, tapi juga sangat lembut dan mudah dikendalikan.  Benar-benar seperti motor balap, sangat stabil saat pengereman. Cornering speed sangat bagus dan power ketika keluar tikungan mengesankan, jadi kamu bisa menikmati kegembiraan berkendara,” tutur Rins. (Yudistira/nm)

 

LEAVE A REPLY