Ketika All New Honda CBR150R Pindah Habitat Menjadi Motor OffRoad

0
246
New Honda CBR150R
All New Hodna CBR150R diajak bermain offroad di Ciwidey Foto:DAM

NaikMotor – Memacu motor sport seperti All New Honda CBR150R di lintasan sirkuit sudah menjadi hal biasa. Tapi, bagaimana rasanya jika memindahkan habitat motor sport dari aspal ke jalur tanah?

NaikMotor sudah mencoba melakukannya saat mengikuti kegiatan touring Journalist Leisure Riding 2017 bersama PT Daya Adicipta Motora (DAM), Kamis (9/2/2017). Masuk ke area Kebun Teh Walini Rancabali, Ciwidey, Bandung, All New Honda CBR150R dipaksa masuk trek off-road tanah licin dan berbatu.

Rasa cemas sempat menghinggapi ketika mulai melewati turunan terjal di daerah perbukitan. Bobot motor yang cukup besar membuat kami harus sangat berhati-hati dan cermat menggunakan rem dan mencari trek yang paling aman untuk dilewati.

Dalam kondisi trek berbatu ditambah tanjakan dan turunan, kami mengandalkan torsi motor untuk berakselerasi melewati tanjakan terjal dan melibas tanah yang liat setelah diguyur hujan. Mesin 150cc DOHC All New CBR150R ternyata bisa bekerja dengan baik saat ditarik habis-habisan di lintasan ekstrem, tanjakan bisa dilalui tanpa terasa kekurangan tenaga.

dam_cbr150r_ciwidey-1

Suspensi standar motor tidak membuat nyali pengendara ciut saat harus berjibaku dengan bebatuan dan lubang di tanah. Terlebih ketika melewati turunan curam, peredam kejut All New Honda CBR150R tidak limbung, sehingga motor bisa melintas dengan mulus, bahkan sedikit berakselerasi.

Sebelum masuk trek offroad, kami sudah lebih dulu menguji torsi motor dalam perjalanan dari Kantor DAM di Cibereum menuju Ciwidey. Selepas meninggalkan daerah Soreang, tanjakan plus tikungan tajam sudah menunggu untuk ditaklukan.

Pada kondisi jalan seperti itu, motor sport 150cc yang pernah digeber Marc Marquez dan Dani Pedrosa di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat itu kami ajak melaju dengan gigi dua dan tiga. Sesekali mesin harus dibuat meraung untuk melintas dengan cepat.

Dalam perjalanan di atas jalur tanah, All New Honda CBR150R tidak menemui masalah berarti dalam hal performa. Hanya saja, bentuk body dengan fairing yang didesain untuk balap di trek aspal kerap bentrok dengan bebatuan, dan nyaris membuat motor tersangkut.

Di samping itu, Ban IRC Road Winner yang digunakan di All New CBR150R juga perlu diacungi jempol, karena bisa mengakomodir laju motor di atas tanah licin dan bebatuan terjal. (Yudistira/nm)

LEAVE A REPLY

*