Pelatihan Berkendara Honda Big Bike Sport dari Astra Motor Yogyakarta

0
Astra Motor Yogyakarta
Safety riding Astra Motor Yogyakarta. Foto: Astra Motor

NaikMotor – Honda Big Bike Yogyakarta & Friends sebagai wadah perkumpulan pemilik sepeda motor Honda berkapasitas mesin 250cc ke atas gencar melakukan kampanye safety riding, khususnya untuk pemilik big bike. Sabtu (4/2/2017) lalu, Honda Big Bike Yogyakarta digaet Astra Motor Yogyakarta untuk  memberikan pelatihan safety riding kepada komunitas motor sport.

Dalam kegiatan tersebut, 25 pengendara motor sport dilibatkan mengikuti latihan praktik dan teori. Materi teori meliputi persiapan, perilaku, dan risiko berkendara di jalan raya yang harus dipahami sebagai pengendara sepeda motor.

Sesi praktik diisi dengan pelatihan braking, narrow plank, dan slalom. Teknik braking diberikan untuk menambah keterampilan pengereman sepeda motor besar, seperti melakukan pengereman jarak pendek. Dalam slalom course, peserta dilatih melewati berbagai jenis tikungan dengan benar.

safety_riding_astra_motor_3

Peserta juga diberi pemahaman cara mendirikan big bike saat terjatuh, karena cukup sulit membangunkan motor dengan bobot besar tanpa menggunakan teknik yang tepat.

“Peserta pelatihan kali ini merupakan anggota komunitas yang sudah sering melakukan perjalanan touring ke berbagai daerah. Namun demikian ternyata masih banyak peserta yang belum pernah mendapatkan pelatihan safety riding sebelumnya. Melalui pelatihan ini diharapkan setiap peserta bisa memiliki skill, wawasan, dan kesadaran mengenai perilaku aman saat berkendara. Sehingga ke depannya masing-masing peserta dapat berkontribusi dalam menekan angka kecelakaan di jalan raya,” urai Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta, Muhammad Ali Iqbal.

safety_riding_astra_motor_2

Kampanye safety riding menjadi agenda rutin Honda Big Bike Yogyakarta & Friends. Semua anggota diharuskan mematuhi peraturan lalu lintas dan menjaga keselamatan berkendara. Sebagai komunitas, mereka tidak menerapkan pendidikan perploncoan dalam penerimaan anggota.

“Dalam komunitas ini Kami tidak mengenal sistem senioritas ataupun perploncoan. Komunitas ini berkembang atas dasar hobi dan minat yang sama terhadap motor sport. Berbagai agenda rutin yang Kami laksanakan mulai dari Sunday Morning Ride (Sunmori) menuju tempat-tempat menarik di sekitar Yogyakarta, city rolling, touring, pelatihan safety riding, ataupun Kopdar berjalan atas dasar kebersamaan. Bagi pecinta motor sport yang ingin bergabung, silakan merapat ke Honda Big Wing Astra Motor Center Yogyakarta di Jalan Magelang Km 7,2 Sendangadi, Mlati, Sleman atau hubungi nomor Kami di 08985315088,” papar Big Bike Manager Astra Motor Yogyakarta, Aditya Nugraha. (rls/NM)

LEAVE A REPLY