Begini Performa All New R15 Kata Galang Hendra Saat Mengekor Vinales

0
performa all new r15
Galang Hendra mengawal Maverick Vinales di Sirkuit Sentul. Foto: Yudistira

NaikMotor – Dua pembalap Yamaha Racing Indonesia (YRI), Galang Hendra Pratama dan Rey Ratukore, serta pembalap Yamaha TJM Racing, Imanuel Putra Pratna turut mendampingi Maverick Vinales kala menjajal performa All New R15 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (24/1/2017).

Galang melaju tepat di belakang Vinales selama mengitari sirkuit sebanyak empat putaran. Ia menyimak betul bagaimana riding style pembalap anyar Movistar Yamaha itu saat menekuk All New R15.

new_r15_vinales_sentul_26

Pembalap Asal Yogyakarta itu menceritakan pengalamannya memacu motor di belakang bintang muda MotoGP tersebut. Meski beberapa kali terkendala lintasan sirkuit yang bumpy, menurut Galang, Vinales menunjukan aksi balap luar biasa.

“Dia bawa motor cukup cepat, meskipun sempat khawatir dengan lintasan yang bumpy. Dia bilang kalau dia menikmati bawa motor di sini (Sirkuit Sentul), katanya menyenangkan, tapi treknya berbahaya,” kisah Galang.

galang_vinales_1

Berbicara soal riding style, pemilik nomor motor #99 itu menilai Vinales memiliki gaya yang mirp dengan mantan pembalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo. Vinales tak segan merebahkan motor begitu dalam meskipun hanya melakukan test ride.

“Gaya balapnya mirip dengan Lorenzo, saat menikung dia melakukan elbow down. Dari gayanya, terlihat dia sangat terbisa dengan motor sport,” papar Galang.

galang_vinales_3

Pada sesi test ride bersama Vinales, Galang juga menguji ketangguhan Yamaha All New R15 saat melintas di Sirkuit. Menurutnya, peningkatan performa cukup signifikan, terutama dalam hal handling.

“Motornya stabil banget, kalau R15 lama masih terasa guncangan di bagian belakang saat menikung, tapi ini tidak sama sekali. Karena lebih stabil, (motor) bisa dibawa menikung lebih dalam, dan lebih cepat ketika keluar dari tikungan. Powernya besar, saat slipstream saya bisa dapat top speed 165 (km/jam), kalau jalan sendirian tadi dapat 155 (km/jam),” ungkap Galang.

Yamaha memang membuat perubahan masif pada motor sport racikannya itu, kaki-kaki Yamaha All New R15 ditopang oleh suspensi belakang monoshock yang terintegrasi di swing arm alumunium, sedangkan suspensi depan upside down membuat penyerapan getaran lebih maksimal dan yang utama, motor stabil saat menikung. Ban depan IRC Road Winner 100/80-17 dan belakang 140/70-17 turut menunjang kemampuan motor untuk bermanuver. (Yudistira/nm)

new_r15_vinales_sentul_25

LEAVE A REPLY