Rancangan Dirtbike Touratech dengan BMW R1200GS Rambler

0
rancangan dirtbike Touratech dengan BMW R1200GS rambler
Touratech Rambler reinkarnasi BMW HP2. Foto: Touratech

NaikMotor – Inilah rancangan dirtbike Touratech dengan BMW R1200GS Rambler yang mengubah dari gaya adventure menjadi motor offroad sejati. 

Touratech adalah perusahaan aksesori sepeda motor untuk adventure dan touring tampaknya ingin menampilkan sisi berbeda dari sepeda motor adventure seperti BMW R1200GS. Rancangannya membuat model adventure favorit dari Munich itu menjadi sepeda motor offroad sejati.

Konsep motor offroad Touratech itu seperti ingin mengembalikan kejayaan BMW HP2 Enduro produk 2005,model offroad BMW Motorrad saat itu. Sementara seiring waktu model GS perlahan mulai mencuat sebagai model dual purpose yang perlahan menutupi ketangguhan HP2.

Bahkan GS semakin hari semakin menjadi top of the line model adventure, hingga kini pun telah dibuat model mininya, G310GS. Produk terkini GS adalah R1200GS berpendinginan cairan yang bersegmen premium.

Konsep Touratech yang dinamakan Rambler itu bersosok seperti dirtbike yang ramping dan jangkung. Tetapi dengan mengambil penggerak R1200GS untuk sektor mesin dan tranmsisi shaft-nya.

Touratech Ubah BMW R1200GS menjadi Offroader sejati
Konsep Touratech Rambler itu bermesin R1200GS dan rangka R1200R. Foto: Touratech

Sedangkan rangkanya ternyata milik naked R1200R. Dan suspensi depannya yang bermodel teleskopik menggunakan custom Touratech sendiri, berbeda dengan HP2 yang menggunakan Telelever.

Agar tampak seperti motor offroad sejati maka rem cakram depan tinggal satu sisi saja dengan kaliper 4 piston, dan sistem ABS stok. Dan airbox di bawah jok berbahan plastik yang diperkuat karbon dan dilindungi crash bar. Serta tangki aluminium berkapasitas 18 L itu custom Touratech. Uniknya tangki itu memanjang hingga di bawah jok yang berlaku pula sebagai alas jok.

Touratech Ubah BMW R1200GS menjadi Offroader sejati
Touratech hanya membuat dua konsep Rambler, berciri BMW Motorrad dan Touratech. Foto: Touratech

Meski tampak jangkung tetapi Touratech telah memperhitungkan agar titik berat di bawah. Dan berat kosong Rambler hanya 188 kg, bandingkan dengan R1200GS yang 244 kg.

Sayangnya sebagai konsep, Touratech hanya membuat 2 unit Rambler saja. Satu dengan livery khas BMW Motorrad, putih dengan rangka biru, dan hitam rangka kuning sebagai ciri Touratech. Dan tak ada yang tahu pasti apakah Rambler akan diproduksi.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here