Ambisi Baredda Menyongsong Penampilan Ketujuh di Reli Dakar 2017

2
55
Ambisi Joan Baredda Menyongsong Penampilan Ketujuh di Reli Dakar
Joan Barreda optimis bisa menjuarai Reli Dakar. Foto: HRC

NaikMotor – Tim Monster Energy Honda menyongsong Reli Dakar 2017, dengan mengandalkan pereli andalannya, Joan Barreda.

Penampilan di Reli Dakar 2017 akan menjadi kesempatan ketujuh buat Barreda tampil di ajang reli lintas negara. Tahun 2014 dapat dikatakan sebagai musim terbaik buat pembalap Spanyol itu. Ia mampu memenangkan etape kelima dan terus bersaing memperebutkan gelar juara, sayangnya kecelakaan parah membuatnya tertahan di peringkat tujuh klasemen akhir.

Karir profesional Baredda menanjak ketika ia dipilih Federasi Sepeda Motor Spanyol untuk tampil di kejuaraan dunia Motocross 125cc. Namun, cedera serius membuatnya harus vakum sejenak dari kegiatan balap.

joan-_barreda_honda_3

Talenta menawan Barreda belum memudar, hingga ia akhirnya bisa kembali berlaga di ajang reli tahun 2013. Saat itu, ia membawa pulang kemenangan di etape keempat Reli Dakar, serta podium di Reli Maroko.

Di Reli Dakar tahun lalu, pembalap berusia 33 tahun itu sedang dalam performa terbaiknya dan menatap gelar juara untuk kali pertama. Apes buat Barreda, masalah teknis pada motor membuatnya tercecer, hingga keluar dari persaingan juara.

Menyonsong tahun 2017, Barreda dan Honda Racing Corporation (HRC) mematok target tinggi, yakni kemenangan di semua etape. Sederet pengalaman akan menuntun pembalap berpostur tinggi 180cm itu untuk mengejar harapan yang menjadi angan-angan sejak lama.

“(Reli) Dakar adalah hidup saya. Ketika saya menonton Reli Dakar dari tayangan televisi, saya berpikir kapan saya bisa balapan di sana. Sekarang saya di sini dengan tim yang bagus dan motor yang mumpuni. Saya ingin menikmati balapan, membuat momen yang menyenangkan dan memanfaatkan kesempatan,” ujar Barreda.

joan-_barreda_honda_4

Terbebas dari cedera dan memiliki motor dengan kualitas yang prima menjadi motivasi Barreda untuk menang. Ia merasa hanya butuh keberuntungan untuk menjadi juara.

“Saya percaya sudah lebih baik. Kami sudah menyiapkan motor, meningkatkan daya tahannya. Kami memiliki kecepatan dan feeling yang bagus. Saya juga telah melakukan latihan fisik dengan cara yang benar dan berharap tidak melakukan kesalahan, yang mana itu sangat penting untuk meraih kemenangan. Saya telah menunjukan bisa menjalankan tugas dengan baik dalam beberapa tahun ke belakang. Saya hanya tidak memiliki sedikit keberuntungan. Saya sangat percaya diri karena banyak orang percaya kepada saya. Memperhitungkan semua dukungan yang diberikan, saya pikir kami bisa melakukan yang terbaik,” teguh pemenag seri  Abu Dhabi ajang Cross-Country Rallies World Championship 2015 itu. (Yudistira/nm)

joan-_barreda_honda_5

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*