Aprilia RSV4 R FW-GP, Motor Balap Jalanan Penggila MotoGP

0
566
Aprilia RSV4 R FW-GP
Aprilia RSV4 R FW-GP berspesifikasi sportbike MotoGP. Foto: aprilia

NaikMotor – Aprilia RSV4 R FW-GP adalah moge spesial Aprilia Racing berspesifikasi MotoGP melengkapi model sebelumnya yakni Factory Works (FW) versi  WSBK.

Produk Aprilia track-only itu bermesin V4 65 derajat seperti pada RSV4 RR. Untuk RSV4 R FW-GP, mesin akan menghasilkan 250 daya kuda. Sepeda motor berbasis RS-GP15 yang memperkuat tim Aprilia di MotoGP pada 2015.

Mesin FW-GP itu dilengkapi dengan pneumatic valve actuation. Sistem kontrol katup yang mengandalkan tekanan angin, bukan per seperti pada kontrol katup konvensional.

Mesin Aprilia RSV4 R FW-GP dilengkapi pneumatic valve actuation. Foto: aprilia
Mesin Aprilia RSV4 R FW-GP dilengkapi pneumatic valve actuation. Foto: aprilia

Pneumatic valve actuation lebih presisi dalam kontrol buka-tutup katup. Sehingga putaran mesin bisa jauh lebih tinggi dari pada mesin bersistem coil-spring valve control. Dan FW-GP menjadi sepeda motor pertama dengan teknologi pneumatic valve control pertama yang bisa dibeli langsung dari pabriknya.

Sebagai informasi Honda pernah menolak penerapan pneumatic valve control pada RC213V-nya. Keputusan yang mengecewakan para penyuka sportbike track-only.

Kembali ke Aprilia, peminat Aprilia RSV4 R FW-GP pun bukan hanya mendapatkan sportbike berspesifikasi MotoGP, tetapi juga layanan khusus lainnya. Aprilia Racing yang bermarkas di Noale akan memberikan semacam kontrak untuk agar konsumen bisa meminta konfigurasi individual sepeda motornya kepada teknisi. Lengkap dengan laporan teknis perkembangan sepeda motor mereka.

Tentu modifikasi itu disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki konsumen. Layanan yang layaknya dari tim balap kepada seorang pembalap profesional. Layanan semakin lengkap dengan pass dan paddock saat Aprilia Track Day, jika konsumen ingin merasakan sensasi menjadi seorang pembalap dunia di trek.(Afid/nm)

Aprilia RSV4 MotoGP
Pemilik Aprilia RSV4 R FW-GP akan dilayani layaknya seorang pembalap profesional. Foto: aprilia

LEAVE A REPLY

*