Trik Menaklukan Sirkuit Bukit Peusar Ala Galang Hendra

0
Trik Menaklukan Sirkuit Bukit Peusar Ala Galang Hendra
Coaching Clinic Galang Hendra di YCR tasikmalaya. Foto: Istimewa

NaikMotor – Pembalap Yamaha Racing Indonesia (YRI), Galang Hendra Pratama memandu sesi coaching clinic dalam rangkaian Yamaha Cup Race (YCR) seri 3 di Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jawa Barat (10/12/2016).

Pada kesempatan tersebut pembalap asal Yogyakarta itu memberikan pengarahan soal racing line dan tips-tips untuk mendapatkan waktu terbaik di Sirkuit Bukit Peusar.

Galang didaulat menjadi pemateri coaching clinic pada dua seri YCR tahun ini, sebelumnya ia sudah membekali para juniornya saat berlaga di Purwokerto. Pembalap berusia 17 tahun itu melihat perkembangan positif dari para pembalap muda, khususnya soal mental.

“Perkembangan mereka terlihat bagus khususnya soal mental balapnya. Saya memberikan pengarahan soal layout sirkuit di seri Purwokerto dan Tasikmalaya. Mereka kelihatan sudah lebih baik juga cara balapnya,” ujar Galang.

Ia menambahkan, coaching clinic yang diberikan seharusnya disertai dengan praktik langsung di sirkuit agar pembalap bisa langsung memahami pengarahan yang diberikan.

“kalau hanya diberikan materi saja tidak cukup efektif. Lebih baik jika langsung praktik di sirkuit. Jadi mereka melihat instruktur melakukan teori yang sudah disampaikan. Setelah itu bisa dievaluasi apa yang kurang dari cara mereka bawa motor,” papar Galang.

Pembalap yang baru saja menyelesaikan kompetisi AP250 ARRC 2016 di peringkat lima itu juga menyisipkan trik-trik jitu untuk memenangkan balapan di Sirkuit Bukit Peusar. Ia menekankan kepada para junironya bahwa keyakinan dalam diri sendiri sangat penting saat menjalani balapan.

“Kalau kita yakin pasti motor bisa kita kendalikan, mengarahkan motor menjadi gampang,” tegas Galang. (Yudistira/nm)

LEAVE A REPLY