Winglet Ducati, Agar Motor Tak Wheelie Saat Akselerasi

0
114

Winglet-Ducati

Qatar (naikmotor) – Banyak yang beranggapan bahwa pemasangan winglet atau sayap tambahan di fairing motor Ducati yang juga pernah digunakan tahun 2010 lalu, adalah untuk membuat motor lebih stabil di tipe trek yang anginnya cukup kencang.

Namun dari penuturan tim teknis Ducati yang saat itu memegang divisi teknis yaitu Filippo Preziosi, bahwa winglet ini berfungsi untuk meminimalisir ban depan terangkat alias wheelie saat berakselerasi keluar dari tikungan. Lama tidak digunakan, ternyata komponen kecil itu nongol lagi di Ducati Desmosedici GP15.

Khususnya ketika Andrea Dovizioso melakukan pengetesan pra musimm terakhir di Losail Qatar, akhir pekan lalu. Hasilnya cukup ampuh, lantaran dua hari sesi tes, Dovi sukses keluar sebagai pembalap tercepat. Bahkan satu-satunya pembalap yang mampu menembus lap time di bawah 1:55 detik.

“Winglet ini hanya sebuah percobaan saja. Kami hanya ingin mengumpulkan data. Setelah membaca dan melihat data, sistem ini ternyata punya kesamaan fungsi dengan yang pernah kami gunakan. Makanya kemungkinan besar kami tidak akan menggunakannya saat balapan berlangsung,” klaim Gianluigi Dall’Igna, selaku direktur teknis Ducati Corse.

Dovizioso sendiri sempat takjub ketika pertama kali melihat sayap itu terpasang di fairing motornya. Jika memang cukup menguntungkan, kok Gigi malah menegaskan tak bakal menggunakan sistem winglet ini ya? hmm, apakah tanpa winglet itu lap time juga akan sama? Buktinya akan terlihat di sesi latihan pertama menjalang putaran pertama MotoGP 2015 di Qatar 29 Maret 2015 nanti. (Spy/NM) Foto: Ducati

Ducati-Tes-Qatar-Day1-2

LEAVE A REPLY

*