Roadster Raksasa Vanguard Motorcycles Tampil dengan Body Metal

1

NaikMotor – Vanguard Motorcycles, pabrikan baru dari Amerika Serikat akan menampilkan sepeda motor pertama mereka di New York Motorcycle Show. Sebuah model roadster yang masif bertema metal, dengan cover-cover transparan pada komponen gerak.

Pabrikan baru dari Amerika Serikat yang berbasis di Manhattan itu akan menampilkan produk pertama mereka, Vanguard Roadster. Model perdana Vanguard Motorcycles itu tampak masif, naked bike tanpa rangka yang biasa membungkus mesinnya. Mesinnya saja berkapasitas 1.917 cc V-twin dari S&S dengan cover belt cam transparan.

vanguard-roadster-4

Rencananya model bertema desain metal itu akan ditampilkan saat Progressive New York Motorcycle Show yang akan berlangsung mulai 9 hingga 11 Desember 2016 nanti. Sebab hampir sekujur tubuh sepeda motor menampilkan aluminium aircraft grade. Mirip dengan konsep Confederate P120 Fighter Combat pada 2009.

Maklum, kepala teknik Vanguard tak lain adalah mantan direktur desain Confederate. Sementara CEO Vanguard saat ini pun, Francois-Xavier Terny, tak lain mantan anggota pabrikan eksotis yang sama.

Sosok raksasa Roadster itu sepertinya karena rancangan yang ditunjukkan triple clamp besar hingga lengan ayun single sided yang tampak besar. Dan ditegaskan oleh pelek 18″ bermodel cakram aluminium serta ban belakang ukuran 240.

Mesinnya hasil ubahan dari S&S X-Wedge V-twin 56 derajat. Mesin menjadi struktur sentral sepeda motor. Silindernya berperan sebagai rangka cradle, dan menjadi tautan swing arm pada silinder belakangnya.

Sedangkan separuh bagian atas berupa platform aluminium yang datar bertumpu pada bagian atas head silinder. Di atas platform ditempatkan tangki karbon 21 liter yang seperti menyatu dengan jok tipisnya.

Tepat menjelang ekor, dari platform itu muncul dua lubang knalpot. Lalu ujung belakang model tampak seperti pesawat Startrek untuk tempat rangkaian lampu belakang.

Tampilan menarik lainnya adalah dashboard seukuran tablet, selain panel meter, layarnya menampilkan citra dari kamera yang ditempatkan di ekor. Kamera berperan sebagai spion.

Pada peredaman belakang tampak produk Ohlins black, yang menyatu dengan rangkaian swingarm berisi kopel penerus daya yang dilengkapi tutup atas transparan.

vanguard-roadster-prototype-left-front_resize_20161202_153654_1_1

Pada bagian depan, tampak lampu utama 6 LED yang dibungkus cover transparan di antara garpu depan. Bagian depan itu sendiri tampak datar.

Berat model sekitar 250 kg, tetapi berapa besar tenaga dan torsi tak disebutkan. Model rencananya akan dipasarkan mulai 2018 itu, ditawarkan dengan harga hampir Rp 400 jutaan di Amerika Serikat. (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY