Hasil Tes MotoGP Jerez dan Sepang: Barbera Melejit, Vinales Girang

3
69
Hasil tes MotoGP Jerez dan Sepang
Maverick Vinales mencoba Yamaha M-1 terbaru pada tes Yamaha di Sepang. Foto: Marca

NaikMotor – Sebelum memasuki jeda musim dingin yang ditetapkan mulai Desember 2016 sampai Januari 2017, tim-tim MotoGP kembali melakukan tes di Sirkuit Jerez, Spanyol, dan Sepang, Malaysia (23-25/11/2016).

Suzuki, KTM, Aprilia, serta tim satelit Honda dan Ducati melakukan tes di Jerez. Beberapa pembalap World Superbike (WSBK) juga menjalani tes pada waktu yang bersamaan di sana.

Pembalap Avintia Ducati, Hector Barbera menjadi pembalap MotoGP tercepat di hari pertama Tes Jerez, sekaligus menjadi yang tercepat dari semua peserta tes. Ducati Desmosedici GP16 mulai padu dengan feelingnya.

“Saya mencoba motor ini di Valencia dan sejujurnya ini lebih sulit dari yang saya pikirkan. Dengan motor baru, kami mengubah beberapa hal, seperti fork (depan). Kami melakukan perubahan pada area yang terasa tidak bagus. Setelah itu saya bisa menikmati (feeling) di atas motor. Jerez adalah trek yang biasanya saya bisa cepat dan kami punya banyak data dari sini. Kelihatannya motor (Desmosedici GP16) lebih baik dalam pengereman dan suspensi,” urai Barbera dikutip dari Crash.

Aleix Espararo menjadi pembalap tim non-Ducati dengan catatan waktu paling apik di hari pertama. Espargaro berhasil membukukan waktu 1 menit 40,086 detik, terpaut 0,472 detik dari Barbera.

Sementara itu, Andrea Iannone yang tampil tanpa tandemnya, Alex Rins yang mengalami cidera akibar insiden saat tes MotoGP Valencia, membuat waktu lap terbaik 1 menit 40,149 detik, menempatkannya di urutan kedelapan catatan waktu lap terbaik dari semua pembalap satu tempat di bawah Michelle Pirro yang tampil mewakili tim pabrikan Ducati.

Hector Barbera. Foto: Crash Media
Hector Barbera. Foto: Crash Media

Honda diwakili oleh Jack Miller dan Hiroshi Aoyama untuk mencoba spesifikasi berbeda dari RC213V. Miller mencoba mesin ‘Big Bang’ yang akan digunakan musim depan.

Berpindah dari ramainya tes di Jerez, tim Movistar Yamaha dan Monster Yamaha Tech3 melakukan tes privat di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Seperti Valentino Rossi, Maverick Vinales juga diberikan motor prototype Yamaha YZR M-1 yang akan digunakan tahun depan. Meskipun banyak data yang dirahasiakan Yamaha, Vinales mampu tampil cepat dengan motor barunya.

Di akun sosial media pribadinya, Vinales mengutarakan kegembiraannya usai menjalani tes pertama dengan M-1 terbaru.

“(Saya merasa) sangat senang hari ini,” tulis pembalap berjuluk Top Gun di akun twitter-nya. (Yudistira/nm)

Foto: Crash Media
Foto: Crash Media

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*