MotoGP 2016 Disaksikan Langsung Lebih dari Dua Juta Orang

0
23
MotoGP 2016
Balapan MotoGP Seri Austria. Foto: Dorna MotoGP

NaikMotor – Rangkaian MotoGP 2016 telah usai, banyak rekor dan cerita baru yang mewarnai penyelenggaraannya. Keseruan MotoGP 2016 tak terbantahkan, sehingga jumlah penonton di sirkuit pun membludak, mencapai lebih dari dua juta orang sepanjang musim ini.

MotoGP 2016 menjadi musim paling kompetitif sejak format Kejuaraan Dunia MotoGP dibentuk tahun 2002. Sembilan pemenang muncul dari 18 seri balapan tahun ini, yakni Marc Marquez, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Cal Crutchlow, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, Dani Pedrosa, Andrea Iannone, dan Jack Miller.

Sengitnya pertarungan yang tersaji dalam setiap balapan membuat animo penonton meningkat. Beberapa sirkuit mencatatkan peningkatan jumlah penonton yang signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Meski terbilang paling sedikit, jumlah penonton di Qatar mengalami peningkatan dibanding musim lalu. total 24.886 penonton yang memadati Sirkuit Losail, Qatar musim ini, sementara tahun lalu angkanya tercatat 19.500 orang.

Peningkatan signifikan jumlah penonton terjadi di Sirkuit Misano, San Marino, yang menjadi laga kandang buat pembalap legenda, Valentino Rossi. Tahun lalu, terdapat 88,665 orang yang datang langsung ke Misano, sedangkan tahun ini angkanya melejit menjadi 158.396 orang. Jumlah tersebut bahkan mengalahkan pencapaian Sirkuit Mugello, Italia tahun ini yang mendatangkan 152.443 penonton.

Lain lagi dengan Sirkuit Red Bull Ring, Austria yang untuk kali pertama menjadi tuan rumah penyelenggaraan seri balapan MotoGP. Sirkuit yang menjadi saksi kemenangan Ducati untuk kali pertama sejak tahun 2010, lewat pembalapnya, Andrea Iannone didatangi 215.850 orang, menjadiokannya sirkuit dengan penonton terbanyak tahun ini. (Yudistira/nm)

LEAVE A REPLY

*