Michelin Siapkan Ban Asimetris Khusus untuk MotoGP Valencia

0
Michelin Siapkan Ban Asimetris Khusus untuk MotoGP Valencia
Michelin siapkan ban asimetris untuk MotoGP Valencia. Foto: Yudistira

NaikMotor – MotoGP 2016 akan memasuki seri terakhir musim ini yang akan berlangsung di Sirkuit Ricardo Tomo, Valencia (13/11/2016). Untuk memudahkan tim dan pembalap menghadapi layout sirkuit yang memiliki lebih banyak tikungan ke kiri, Michelin menyiapkan ban asimetris untuk semua pilihan ban, soft, medium, dan hard pada ban depan dan belakang.

Sirkuit Ricardo Tomo memiliki Sembilan tikungan ke kiri dan lima tikungan ke kanan. Karena itu Michelin menyediakan ban yang memiliki grip lebih banyak di kiri.

Jika saat ini ban asimetris Michelin hanya tersedia untuk jenis medium dan hard pada ban depan, serta soft dan medium untuk ban belakang, di Valencia akan tersedia untuk semua jenis.

Produsen ban asal Perancis itu juga menyiapkan lebih banyak pilihan untuk ban basah, yakni extra soft, soft, dan medium untuk ban depan dan belakang.

“Kami belajar banyak dari tes di Valencia tahun lalu dan itu menjadi langkah persiapan kami menuju (MotoGP) 2016, dan kami akan melalui balapan (di Valencia) dengan (pilihan) ban berbeda dari yang kami sediakan musim lalu,” ujar Manager Motorsport Two Wheels Michelin, Piero Taramasso dikutip dari GPOne.

Michelin juga mempertimbangkan cuaca di Valencia yang bisa berubah-ubah. “Kondisi Sirkuit bisa dingin di pagi hari dan tidak memberikan grip yang sesuai, jadi kami menyiapkan pilihan yang kami harpkan bisa menyesuaikan dengan kondisi tersebut. Banyaknya tikungan membuat ban tidak memiliki kesempatan untuk medinginkan suhu dan banyaknya tikungan ke kiri, termasuk tikungan terakhir yang cepat, kami menyiapkan ban asimetris dengan sisi kiri yang lebih keras untuk (ban) depan dan belakang, untuk mengantisipasi tekanan tersebut,” papar Piero. (Yudistira/nm)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here