Davies Cetak Rekor Enam Kemenangan Beruntun, Rea Juara WSBK 2016

2
WSBK 2016
Chaz Davies meraih kemenangan enam beruntun musim ini pada WSBK Qatar. Foto: Crash Media

NaikMotor – Pembalap Aruba.it Ducati, Chaz Davies mengukir rekor membanggakan, yakni enam kemenangan beruntun dari tiga seri World Superbike 2016 setelah memenangkan dua race terakhir di Qatar (29-30/2016).

Davies berhasil mempertahankan kemenangan mulai dalam tiga seri penghujung WSBK tahun ini, di Perancis, Spanyol, dan Qatar. Sayangnya, raihan poin Davies tak bisa mengungguli duo Kawasaki, Jonathan Rea yang menjadi juara dunia dan Tom Sykes yang menjadi runner up tahun ini.

Pada race kedua WSBK Qatar, pembalap asal Inggris itu menunjukan superioritasnya meski balapan sempat restart akibat oli dari motor pembalap Kawasaki Pedercini, Saeed al Sulaiti berceceran di aspal tikungan pertama Sirkuit Losail . Davies melesat meninggalkan duo Kawasaki yang mencoba mengejar di posisi dua dan tiga.

Pada tiga lap terakhir balapan, Rea semakin cepat, sehingga bisa sedikit memangkas catatan waktu dan mencoba mendekati Davies. Namun, hingga menyentuh garis finis Sykes dan Rea tidak bisa mendekat, terpaut lima detik lebih dari Davies.

Kerjasama tim ditunjukkan tim Kawasaki saat Jonathan Rea memberikan ‘jalan’ untuk rekan setimnya melaju ke posisi dua demi mengamankan poin di klasemen. Hasil di race terakhir sudah cukup untuk membuat Sykes mengamankan posisi runner up klasemen WSBK tahun ini.

“Saya tidak bisa berkata apapun, saya sangat menghargai sikap yang ditunjukkan (Rea). Red Flag menyelematkan kami yang tengah mengalami sedikit masalah. Saya terpacu untuk membuat balapan yang bagus. Kecepatan saya bagus, saya sangat percaya diri di atas motor. Di lap terakhir, saya tahu tidak ada kesempatan untuk melewati Chaz, kecuali ia membuat kesalahan, jadi saya melakukan permainan yang cerdas,” ujar Sykes.

jonathan_rea_juara_dunia_wsbk_2016Menurut Rea, ia melakukan hal tersebut karena merasa kemenangan tim lebih penting dari pada sekadar mementingkan diri sendiri.

“Tanpa ada permintaan dari tim, saya tahu yang lebih penting adalah membuat kami menjadi yang pertama dan kedua (pada klasemen akhir). Jadi saya sangat senang karena berhasil mencapai target, dan saya juga senang Kawasaki berada di posisi satu dan dua dalam kejuaraan untuk pertama kali. Saya juga senang karena Tom (Sykes) memainkan peran penting di tim untuk meraih kesuksesan Kawasaki, saya menikmati balapannya,” papar Sykses.

Selain Kesuksesan dua pembalap Kawasaki menghuni dua posisi teratas klasemen akhir WSBK tahun ini, Yamaha juga sukses meraih podium pertama musim ini, setelah Sylvain Guintoli dapat podium tiga di race 1. (Yudistira/nm)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here