Project 1408 Ducati Untuk Lahirkan Super Superbike

0
62
Project 1408 Ducati
Project 1408 Ducati bakal lahirkan super superbike di EICMA 2016. Foto: Ducati

NaikMotor – Project 1408 Ducati disiapkan untuk melahirkan sepeda motor produksi yang berfitur frame serat karbon. Proyek ini diklaim akan melahirkan super superbike.

Motor gede (moge) dikembangkan khusus oleh Ducati R&D berlatar pengetahun dari Ducati Corse pada motoGP. Dengan menggunakan frame monokok berstandar kontrol dan kualitas MotoGP seperti Active Transient Thermography, Ultrasonic Phased Array dan Computed Axial Tomography.

Frame monokok tersebut melalui perpaduan serat karbon dan resin yang diproses bertemperatur tinggi serta diselipkannya alumunium alloy berkode 7075. Perpaduan material itu  diyakini bobotnya 1,6 kg lebih ringan atau tergerus 38% berbanding Ducati 1299 Panigale yang memakai frame alumunium monokok.

Sedangkan untuk lengan ayun belakang juga bermaterial serat karbon. Diklaim prosesnya serupa dengan pembuatan frame yang diakui disamakan pula dalam hal pembuatan pesawat ulang alik.

Bobot lengan ayun Project 1408 ini lebih ringan 900 gram atau 18% berbanding lengan ayun alumunium yang digunakan pada 1299 Panigale. Akan ditunjukkan untuk pertamakalinya pada ajang DICMA 2016 pada 7 November. (Wl/nm)

ducati_super_superbike

LEAVE A REPLY

*