Regulasi Baru MotoGP 2017, Batasi Upgrade Fairing dan Fender Depan

2
regulasi MotoGP
Regulasi MotoGP 2017 akan membatasi modifikasi fairing dan fender depan. Foto: Ducati

NaikMotor – Regulasi baru MotoGP 2017 akan segera menerapkan aturan pembatasan komponen-komponen aerodinamika di bodi motor mengantisipasi kecurangan dilarangnya soal winglet.

Setelah regulasi pelarangan sayap kecil atau winglet di motor MotoGP, kini komisi balap MotoGP menambah regulasi tentang upgrade fairing dan fender depan. Hal ini dilakukan regulator karena ada kecurigaan bahwa tahun depan mereka bakal melakukan eksplorasi habis-habisan di bagian tersebut sebagai pengganti winglet.

Dalam rapat tertutup yang berlangsung akhir pekan lalu, komisi balap MotoGP dihadiri oleh otoritas terkait. Mereka adalah Carmelo Ezpeleta (Dorna Sports), Ignacio Verneda (CEO FIM), HerveĀ  Poncharal (IRTA), Takanao Tsubouchi (MSMA), Javier Alonso (Dorna Sports) dan Mike Trimby (IRTA, selaku sekretaris meeting).

Di regulasi itu tersebut alasan untuk menekan biaya pengembangan motor tidak membengkak. Tentunya tim juga harus lebih pintar untuk melihat peluang pengemangan di sektor ini jika tak ingin melanggar aturan.

Regulasi sistem aerodinamika (khusus MotoGP) dan berlaku mulai 2017:
Agar biaya yang digunakan dalam riset sistem aerodinamika tak membengkak, akan ada pembatasan upgrade yang dilakukan tim manufaktur khusus di bagian fairing dan fender depan dalam semusim tersebut.

Desain awal bakal dilakukan homologasi oleh Technical Director. Setelah itu para tim bisa melakukan upgrade untuk fairing dan fender motor untuk sekali waktu saja dalam musim berjalan. Regulasi ini diperuntukkan untuk tiap pembalap, bukan untuk per motor.

Regulasi baju balap, mulai berlaku 2018:
Atas dasar peningkatan keamanan para pembalap, baju balap atau wearpack yang digunakan oleh para pembalap harus dilengkapi dengan komponen airbag. (Proposal ini sudah disepkati bakal didukung oleh semua pemasok komponen dalam hal safety).

Penunjukan Liqui-Moly:
Komisi balap motor MotoGP juga melakukan penunjukan ulang Liqui-Moly sebagai pemasok tunggal oli untuk kelas Moto3 dan Moto2 selama 3 tahun ke depan (2017-2019).

Pembukaan tender pemasok ECU tunggal untuk Moto2:
Komisi balap motor MotoGP juga menyepakati mengundang para produsen ECU untuk kelas Moto2, bakal segera diumumkan. Tender ini sudah dibuka mulai 16 Oktober dan bakal ditutup 9 November. Regulasi ini bakal mulai diberlakukan mulai 2019 hingga 2021. (Spy/NM)

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY