BMW Segera Rakit F700GS dan F800GS di India

0

bmw-motorrad-India

India (naikmotor) BMW dikabarkan akan segera merakit motornya untuk tipe GS di Chennai India. Dua model yang akan diproduksi di sana adalah F700GS dan F800GS.

Serbuan pabrikan dunia untuk memanfaatkan Asia sebagai basis produksinya kini banyak terkonsentrasi di India. Ada yang benar-benar membuka fasilitas pabrik lengkap, namun ada juga yang sekadar merakit dari komponen terurai CKD (Completely Knock Down).

Pilihan CKD nampaknya dipilih BMW untuk mengindari pajak serta mendorong penjualan harga retail. Di pabrik Chennai yang juga tempat produksi beberapa model mobil BMW kini tengah dibenahi serta menambah jumlah jalur produksi.

Model Adventure khususnya R1200GS kini menjadi salah satu andalan penjualan BMW, namun karena harganya yang mahal, mereka berpikir untuk mengajukan tipe lain dari GS melalui F700GS dan F800GS agar bisa laku di India.

Strategi ini bisa dimaklumi karena mereka telah menjalin kerjasama dengan perusahaan lokal, TVS untuk memproduksi motor ber-cc kecil. Kini yang dipertaruhkan oleh BMW adalah bagaimana menjaga kualitas produksi buatan India untuk bisa diterima pasar global. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here