Tips: Jangan Sepelekan Tutup Pentil

1

TipsTutupPentil2

Jakarta (naikmotor) – Pernah mengalami berkurangnya tekanan angin ban secara perlahan atau bocor halus? Setelah memeriksa semua permukaan ban ternyata biang keroknya tak ditemukan. Tapi justru, di lubang pentillah mulanya.

Memang tinggal mengganti katup pentil saja solusinya. Apakah tutup pentilnya lama tidak terpasang?Ketika tutup pentil tak dipasang, maka debu dan kotoran lain akan menumpuk di katup pentil.

Dan ketika dalam kondisi tertentu kita terpaksa mengisi angin tambahan kotoran akan turut masuk ke dalam rongga ban. Bahkan jika kotoran tersebut cukup besar akan mengganjal karet katup pentil.

Akibatnya tekanan angin ban akan berkurang secara signifikan. Tekanan angin ban yang tidak sesuai rekomendasi pabrik akan menyebabkan berkurangnya kestabilan saat berkendara, tentunya membahayakan.

Selain itu, telapak ban yang menjejak di aspal akan melebar menyebabkan perlu tenaga yang lebih besar untuk menggerakkan motor, konsumsi bahan bakar pun boros.

Tutup pentil ternyata mempunyai fungsi lain, paling tidak bocor halus pada katup pentil sedikit tertanggulangi. Untuk itu, gunakankanlah selalu tutup pentil pada ban motor Anda. (af/NM)

TipsTutupPentil1

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here