KTM Moto2 Sinyal Menuju Open Engine di Moto2

2
KTM Moto2
KTM moto2 hadir dengan mesin dari Honda, untuk sasis dan suspensi dikembangkan sendiri. Foto: KTM

NaikMotor –  Balapan Moto2 hadir pada 2010 untuk menggantikan kelas 250 cc dan Moto3  menggantikan kelas 125 cc. Di Moto2 FIM dan Dorna bersepakat menggunakan pemasok mesin tunggal yakni mesin prototipe Honda 600 cc dengan sasis bisa dikembangkan sendiri oleh masing-masing tim.

Untuk Moto3 memiliki regulasi berbeda dengan mesin prototipe 250 cc yang tidak disuplai merek tertentu serta sasis juga bisa dikembangkan sendiri. Konsep Moto2 membuat balapan menjadi lebih ekonomis, sehingga kelas ini bisa diikuti 40 starter. Kabarnya balap di Moto2 lebih murah daripada Moto3.

Honda sejak pertama Moto2 mulai dilangsungkan hingga kini menjadi pemasok mesin. Pada 2014, Honda bersama Dorna dan FIM bersepakat memperpanjang kontrak hingga 2018.

Keputusan KTM yang akan hadir di Moto2 mulai 2017 merupakan kejutan. Sebagai pabrikan tentunya terasa aneh harus menggunakan mesin dari Honda, nampaknya KTM memiliki tujuan strategis.

KTM_Moto2_1

Berjaya di Moto3, menjadi penyuplai motor untuk Red Bull Rookies bersama Dorna serta tahun depan juga hadir di MotoGP menjadi tanda keseriusan pabrikan asal Austria pada ajang balap motor bergengsi.

Bakal menggunakan frame tralis, berbeda dengan tim-tim lain dengan sasis twinspar pada Moto2. Selain itu KTM juga telah gandeng pemasok suspensi WP guna mengembangkan motor balap tangguh yang telah dibuktikan pada Moto3.

Dengan hadirnya KTM Moto2 mengakuisisi Ajo Moto2 dengan pembalap Brad Binder dan Miguel Oliveira akan menjadi sinyal dari Dorna untuk memulai Open Engine pada 2019 atau KTM yang bakal menjadi pemasok tunggal setelah kontrak dengan Honda selesai. (Wl/nm)

KTM_Moto2_2

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here