Regulasi Pelarangan Winglet di MotoGP Resmi Dirilis

0
pelarangan winglet di motogp
pelarangan winglet di motogp
Penggunaan winglet akhirnya resmi dilarang di MotoGP 2017. Foto: Ducati

NaikMotor – Setelah dikeluarkan pemberitahuan tentang pelarangan winglet di MotoGP untuk musim 2017 mendatang, penetapan resmi sekaligus aturan tertulisnya akhirnya dirilis.

Regulasi resmi ini dikeluarkan tepat setelah sesi tes resmi MotoGP di Misano diselenggarakan sehari setelah MotoGP Misano, San Marino berlangsung Minggu (11/9/2016).

Regulasi baru ini pun langsung mendapat kesepakatan dari komisi balap MotoGP. Adapun bunyi regulasi baru tersebut adalah:

“Komponen atau bagian seperti sayap yang menempel di fairing atau komponen bodi yang tidak terintegrasi dengan garis atau paket bodi itu sendiri (seperti sayap, sirip, tonjolan dan lain sebagainya), yang punya efek ke aerodinamika (menambah daya tekan, mengubah arah angin dan lain sebagainya), tidak diperbolehkan.”

“Direktur Teknis akan jadi tim penilai mana komponen atau desain fairing yang diperbolehkan atau mana desain yang mengandung unsur yang disebutkan di atas.”

“Sebagai tambahan, untuk menghindari bahwa komponen yang dimaksud sesuai ternyata adalah sayap atau sesuatu yang di luar aturan keamanan dalam balapan, lebar fairing dengan tambahannya, tidak boleh melebihi 150 mm dari garis vertikal pergerakan ban motor (bagian ini yang paling banyak dikomplain seperti yang ada saat ini. Dimana sayap depan melebihi batas keamanan yang diinginkan).

“Menariknya, regulasi baru ini tidak melarang semua paket atau komponen aerodinamika, yang memang menempel dan jaraknya dekat dengan fairing.”

Regulasi ini tentunya bakal membuat kompetisi bakal jadi lebih menarik. Asumsi bahwa tim Ducati memanfaatkan lebih dari 100 persen fungsi sayap ini untuk semua seri balap MotoGP tahun ini, pun bakal membongkar ulang desain fairingnya. Tak ada lagi komponen yang berfungsi untuk menekan bagian depan motor saat berakselerasi. Sehingga mapping engine, bakal jadi kuncinya.

Termasuk setup sistem ECU yang bisa mengalirkan tenaga ke roda secara lebih moderat. (Spy/NM)

 

LEAVE A REPLY