Teknologi HUD Seemore di Helm untuk Informasi Lebih Luas

0
teknologi HUD
teknologi HUD
Teknologi Head Up Display akan menjadi perangkat penting di helm masa depan. Foto: Gizmag

NaikMotor – Teknologi HUD atau Head Up Display tampaknya akan menjadi hal penting dalam perangkat helm masa depan.

Beberapa startup tampak mulai bermunculan mengembangkan sistem itu, seperti Seemore yang merancang HUD yang bisa disesuaikan helm produk popular. Banyak fitur yang ditawarkan termasuk untuk interaksi kelompok, misal interkom atau handy talkie.

Sebelumnya, dalam dekade terakhir banyak upaya menawarkan sistem helm dengan display ke pasar. Pada 2004, SportVue, beberapa waktu lalu Reevu menawarkan helm sarat teknologi Intelligent Cranium yang dilengkapi kamera untuk melihat area belakang. Produk-produk itu twlah menarik minat pabrikan besar seperti BMW Motorrad.

Seemore, persahaan yang berbasis di Wroclaw, Polandia sedang mengembangkan HUD yang terkoneksi dengan smartphone pengendara via Bluetooth. Dengan unit display, controller dan baterai HUD transparan ini akan menampilkan informasi pada sudut kanan atas visor helm. Sebab berdasarkan penelitian University of Michigan, manusia lebih cepat menyerap informasi jika disajikan di bagian atas daripada bagian tengah atau bawah.

seemorehud1

Modul display ditempatkan di bagian depan atas helm dan memproyeksikan informasi melalui prisma berukuran 10 x 10 x 35 mm. Modul ini didukung oleh baterai kecil yang bisa untuk 12 jam penggunaan terus menerus dan dicharge melalui USB dalam waktu kurang dari tiga jam.

Menurut rencana bisnis Seemore ini, kit tidak akan tersedia langsung kepada masyarakat, melainkan akan dipasang oleh produsen helm dalam model mereka. Pilihan ini telah dibuat terutama untuk alasan keamanan, karena menambahkan komponen elektronik di dalam helm membutuhkan pengawasan untuk memastikan tidak akan menyebabkan cedera.

Menggunakan smartphone sebagai otak dari seluruh operasi memungkinkan untuk menampilkan berbagai fitur. Web dan GPS sebagai sumber untuk memproyeksikan informasi kecepatan saat ini, batas kecepatan dan peringatan kamera, informasi lalu lintas, navigasi, dan daftar tempat menarik (SPBU, area parkir dan lain-lain).

teknologi HUD

Layar juga dapat mencakup pemberitahuan panggilan  telepon dan pesan teks yang masuk , meskipun tidak ada kesempatan untuk menelepon atau membalas panggilan saat berkendars – yang akhirnya akan bertentangan dengan esensi dari sebuah sistem yang dirancang untuk membantu pengendara tetap fokus pada jalan sepanjang waktu.

HUD kit dasar juga dapat mendukung tampilan kamera belakang (yang akan dijual secara terpisah) yang dapat ditempatkan di sepeda motor dan menghubungkan secara nirkabel melalui Bluetooth untuk mentransfer panorama ke layar.

Terakhir, adalah fitur yang sangat menarik dan inovatif menyajikan interaksi kelompok dengan menampilkan informasi tentang lokasi setiap anggota kelompok, dan jarak antara anggota. Jika salah satu pembalap kehilangan arah, navigasi akan menyala secara otomatis dan menginformasikan tentang keberadaan yang lain.

Produk helm dengan modul Seemore diharapkan sudah tersedia di pasar pada pertengahan 2017. Meski hingga saat ini aplikasi pada smartphone belum dirilis, tetapi Seemore menyatakan kelak itu akan tersedia untuk iOS dan perangkat Android.

“Sekarang kami sedang berdiskusi dengan tiga produsen helm besar Eropa. Harga kit masih dalam pembahasan dengan mereka, jadi saya tidak bisa berbagi lebih pada saat ini,” kata CEO Seemore, Grzegorz Palmer ke New Atlas. (Afid/nm)

seemoreHUD4

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here