Ragam Sepeda Kustom, Hasil Maksimal dengan Budget Minimalis

0
sepeda kustom
sepeda kustom
Aneka ragam sepeda kustom di acara Jakarta Custom Culture 2016. Foto:Arif

Naikmotor – Bukan hanya motor dan mobil, wabah kustom juga menjangkit di kalangan pecinta sepeda. Komunitas Sweet Iron Low Rider Jakarta, menjadi salah satu perkumpulan pegiat sepeda kustom.

Puluhan anggota dari komunitas yang berdiri sejak tahun 2009 itu, memiliki berbagai jenis sepeda kustom. Berbagai gaya dan ukuran sepeda bisa ditemukan saat Sweet Iron Low Rider berkumpul, seperti saat penyelenggaraan Jakarta Custom Culture (27/8/2016).

Nama Sweet Iron merupakan landasan filosofis untuk membuat besi-besi tua yang terlihat lapuk, menjelma menjadi sepeda-sepeda yang terlihat manis, bahkan mencuri perhatian. Tentuya butuh usaha lebih untuk membuat sepeda kustom yang sedap dipandang.

“Untuk sepeda kustom ini ada beberapa jenis, dari ukuran, ada under 20 (inch), untuk ukuran (inch), dibagi lagi kategorinya, menjadi street custom, radical custom, mild custom, dan roda tiga, lalu ada jenis custom 24-26 (inch). Untuk part kita biasanya pakai yang lokal, tapi ada juga beberapa yang main part import. Di Sweet Iron ini kebanyakan jenisnya ukuran 20 street custom dan custom 24-26,” jelas anggota Sweet Iron Low Rider, Herry Kiswadi.

Untuk proses pembuatan sepeda kustom, saat ini relatif mudah. Spare part mudah dicari, dan sudah banyak builder sepeda di Jakarta yang mampu mengkreasikan sepeda dengan hasil yang bagus.

“Biasanya untuk frame pakai punya sepeda-sepeda  mini, buat sepeda low rider, yang paling utama itu penggunaan (suspensi) springer supaya sepeda jadi ceper, bisa beli yang sudah jadi atau buat sendiri. Builder di Jakarta sekarang sudah banyak yang bisa buat sepeda kustom,” ungkap pria yang akrab disapa Gerry.

Biaya yang dibutuhkan untuk mengkreasikan kendaraan roda dua tanpa mesin tersebut bervariasi, tergantung dari bahan-bahan yang digunakan. “Rata-rata butuh dana di atas dua juta (rupiah) untuk kustom, hasilnya cukup bagus, tampilannya sudah oke,” kukuh Gerry.

Sweet Iron siap membantu peminat sepeda  yang baru ingin main kustom, mereka akan memberi arahan kepad apara pemula. “Kalau mau ikutan main kustom (sepeda), datang saja saat kami berkumpul saat car free day di bundaran HI. Nanti bisa cari sepedanya, ada juga di social media tempat untuk jual beli sepeda seperti ini,” terang Gerry. (yudistira/nm)

sepeda kustom

LEAVE A REPLY