Ingatkan Bahaya Berponsel Saat Berkendara dengan Aksi Teatrikal

1
43
bahaya berponsel saat berkendara

bahaya berponsel saat berkendara
Aksi teatrikal untuk mengingatkan bahaya berponsel saat berkendara oleh Jarak Aman dan lintas komunitas di Yogyakarta. Foto: Jarak Aman

NaikMotor – Dimotori Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), lintas komunitas di Yogyakarta yang peduli pada road safety mengingatkan bahaya berponsel saat berkendara.   

Salah satu cara untuk menyampaikan pesan soal bahaya menggunakan ponsel saat mengemudi adalah dengan cara teatrikal yang menurut Edo Rusyanto, koordinator  Jarak Aman, lebih mudah diterima masyarakat.

Tema teatrikalnya menggambarkan sosok korban kecelakaan lalu lintas jalan akibat berkendara sambil berponsel. Aksi dilengkapi dengan orasi bahaya berponsel sambil mengemudi dan spanduk berpesan senada, di Tugu Yogyakarta, Sabtu (27/8/2016) sore.

Jarak Aman yang didukung  Independent Bikers Club (IBC) bersama Jogja Automotive Club (JAC) mengungkap data kecelakaan bahwa setiap hari terjadi 250-an kecelakaan dan merenggut 70-an jiwa per hari. Sekitar satu persen kecelakaan tersebut dipicu faktor berponsel.

“Kalau di wilayah Yogyakarta setiap hari terjadi lima kasus kecelakaan,” ujar Kompol FX Sukidjo mewakili Polda DI Yogyakarta, di sela aksi simpatik di Tugu Yogyakarta, Sabtu.

Aksi simpatik ini dilengkapi dengan diskusi pada Sabtu malam dan merupakan bagian dari Touring and Road Safety Roadshow 2016. Kegiatan  dihadiri oleh  puluhan komunitas dari Jakarta, Jogjakarta, Bandung, dan Semarang.

Mereka antara  lain Jarak Aman, Jogjakarta Automotive Community (JAC), Kopdar Pengicau, Koalisi Pejalan Kaki, Kelompok Difabel, Formasi Labirin, Kulo Bikers Sanes  Gangster, Gerakan Bandung Disiplin (GBD), Independent Bikers Club (IBC),Bismania, Monkey Road, dan Skills Jakarta.(rls/NM)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*