Tes Brno: Ducati Kabur, Marquez Temukan Resep Anti-Wheelie

1
32
tes Brno

tes Brno
Pembalap MotoGP menjalani sesi tes pertengahan musim di Brno usai balapan. Foto: Yamaha

NaikMotor- Hanya sehari setelah sesi balapan, Senin (23/8/2016), para pembalap MotoGP melakukan tes Brno yang diikuti beberapa pembalap, tidak termasuk Ducati yang absen.

Mereka masih menjalani sesi tes pertengahan musim. Hal ini dilakukan untuk menggenjot persaingan dan performa motor yang diinginkan oleh tim dan seorang pembalap.

Namun ternyata di sesi tes kali ini, tidak semua tim dan pembalap hadir. Ducati dan beberapa tim lain malah memilih untuk kabur duluan. Jorge Lorenzo yang tampil sebagai pembalap tercepat,, rupanya menolak menggunakan rangka baru dari Yamaha. Rangka ini malah lebih banyak dites oleh Valentino Rossi. Ia bahkan meminta untuk menggunakan rangka itu secepatnya.

Kembali ke tim Ducati yang memilih absen di sesi tes kali ini, bukanlah tindakan yang salah. Mengingat biasanya mereka lebih memilih sesi pengetesan di sirkuit yang mereka anggap bakal punya kekuatan di lokasi-lokasi tersebut.

Tapi yang patut disoroti adalah Marc Marquez. Meski tak begitu tampil agresif, namun tahun ini posisi pencapaian poinnya di klasemen pembalap, Ia begitu tenang. Di sesi tes ini, Marquez meraih lap tercepat ketiga di belakang Valentno Rossi. Meski demikian, masalah akselerasi benar-benar tertolong dengan sistem yang ada. Tapi untuk mengatakan tarikannya sama dengan mesin bensin, ini berdasarkan sesi riding beberapa waktu lalu.

Aksi yang dilakukan Marquez untuk tak tampil agresif, memang ampuh untuk mengatrol selisih poinnya di klasemen pembalap. Mengingat poin sementara yang Ia raih berselisih cukup besar dari Valentino Rossi  di urutan kedua. Sekarang tinggal mencari cara untuk tampil konsisten. Salah satunya tentu dengan memperbaiki sisi akselerasi motor. Sayang, tak sekalipun mereka paham dan peduli.

Satu-satunya yang tak mencoba rangka baru adalah Jorge Lorenzo. Ia malah fokus di setup motor. Apalagi tahun ini akan jadi tahun terakhirnya bersama Yamaha. (Spy/NM)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*