AXCR 2016 Leg Pertama: Thailand Unggul, Indonesia Masih Meraba

1
AXCR 2016 leg pertama
Pereli tuan rumah Jakkrit Chawtale unggul di leg pertama AXCR 2016. Foto: Arif

NaikMotor- Pereli tuan rumah, Jakkrit Chawtale berhasil unggul di AXCR 2016 leg pertama setelah menjadi yang terbaik dengan total waktu 3 jam 07 menit 58 detik mengalahkan unggulan Yoshio Ikemachi asl Jepang.

Di AXCR 2016 leg pertama, 463 Km dari Pattaya menuju Chanthaburi dengan diharuskan melahap tahapan Special Stage (SS)  sepanjang 216,29 Km. Trek tanah di areal perkebunan sawit mendominasi tantangan SS1 membuat para peserta ikut memacu motornya lebih kencang  untuk mencetak waktu tercepat.

Menurut Jakkrit, salah satu kunci keberhasilannya adalah menjaga pace serta mempelajari navigasi sebelumnya agar tidak kehilangan banyak waktu.”Treknya tidak terlalu sulit dan cenderung high speed, saya tadi bersaing di SS1 dengan Ikemachi. Semoga masih bisa mempertahankannya hingga leg-leg selanjutnya.”

Sementara Ikemachi, jawara bertahan tahun lalu mengakui keunggulan pereli tuan rumah yang menurutnya cepat. “ Saya sempat empat kali nyasar di trek hingga akhirnya ketemu pereli Thailand tersebut. Makanya saya mencoba menempel terus” jelas jawara AXCR 2015.

Sayangnya dua andalan Furukawa Battery Indonesia, Rudy Poa dan Kadek Ramayadi mengaku masih banyak beradaptasi di leg pertama.Hasilnya, Rudy Poa di urutan ke-34, sementara Kadek Ramayadi mengalami masalah teknis di saat SS1 berlangsung. Kadek tidak bisa melanjutkan SS dan harus dibawa ke tempat finis untuk perbakan.

Setelah mendapat dukungan mekanik dari tim Furukawa Battery Jepang, motor Husqvarna TE250  2008 tunggangan Kadek kembali siap tampil di leg kedua yang akan menempuh total jarak 300 km dengan tahapan Special Stage sejauh 83,67 Km dari Chathanburi untuk selanjutnya menyeberang ke Kamboja. (Arif/nm)

Hasil AXCR 2016 Leg Pertama

  1. Jakkrit Chawtale (Thailand)
  2. Yoshio Ikemachi (Jepang)
  3. Dan-Olov Olle Chisson (Swedia)
  4. Joachim Wester (Swedia)
  5. Koun Phandara (Thailand)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here