Mesin dan Aerodinamika Baru Aprilia untuk MotoGP Austria

0
MotoGP Austria
MotoGP Austria
Aprilia menyiapkan pakjet mesin baru dan sistem aerodinamika menjelang MotoGP Austria. Foto: Aprilia

NaikMotor -Aprilia ancang-ancang menghadapi MotoGP Austria akhir pekan ini dengan menyiapkan paket mesin dan aerodinamika baru untuk kedua pembalapnya, Bradl dan Bautista.

Banyak yang mengakui bahwa karakter Sirkuit Red Bull Ring, Austria, kental dengan nuansa stop & go. Meski demikian, pencapaian lap tercepat yang diraih oleh pembalap di kelas MotoGP juga cukup ekstrem. Ducati menjadi tim yang paling banyak menempatkan pembalapnya di posisi terdepan.

Tak ingin semakin tertinggal di belakang, Aprilia yang saat ini diperkuat oleh dua pembalap terbaiknya yaitu Stefan Bradl dan Alvaro Bautista, pun bakal mendapat upgrade besar. Terutama pada konfigurasi mesin dan sistem aerodinamika. Tujuannya tentu tak lain untuk membuat tenaganya lebih baik begitu juga penyalurannya ke roda belakang dan sistem aerodinamika yang bisa mengurangi efek drag.

“Saya rasa level stop & go di sirkuit ini masuk dalam kategori ekstrem. Zona pengereman dan juga akselerasi adalah bagian yang sangat krusial. Makanya ini menjadi alasan terbesar kami untuk membawa paket konfigurasi mesin yang baru dan juga sistem aerodinamika baru. Karakter sirkuit ini memang jauh dari kondisi trek lain yang terkadang punya karakter sama. Tapi dengan banyaknya sudut elevasi, membuat sirkuit ini jadi sangat teknikal,” bilang Romano Albesiano, Direktur Teknis Aprilia.

Dari sisi para pembalap, mereka juga melihat bahwa sirkuit ini bukanlah sesuatu yang mudah. Tapi target 10 besar akan tetap mereka canangkan dalam setiap balapan. Lantaran memang Aprilia masih menjalani proses riset panjang untuk membuant tampil kompetitif.

Jelas ini akan kembali jadi pembuktian Aprilia di ajang balap MotoGP. Mengingat mereka memang sudah mengalihkan fokus untuk balap prototipe tersebut. Padahal jika melihat pencapaian KTM yang baru mengawali riset motor RC16, sepertinya masih lebih kompetitif ketimbang Aprilia RS GP. Jadi ini bakal jadi tugas besar bagi tim yang bermarkas di Noale, Italia itu.  (Spy/NM)

 

LEAVE A REPLY