Ini Masalah R25 Tunggangan Galang Hendra di AP250 Sentul

1
61
Galang Hendra

Galang Hendra
Galang Hendra beraksi di Sirkuit Sentul pada AP250. Foto: Yudistira

NaikMotor – Tim Yamaha Racing Indonesia yang tampil di kelas Asia Production (AP) 250 Asia Road Racing Championship (ARRC) 2016 seri empat (6-7/8/2016), mengalami masalah pada mesin motor Yamaha R25 tunggangan Galang Hendra dan Rey Ratukore. Masalah pada sistem pembakaran disinyalir jadi biang kerok.

Di race satu, Galang tampil agresif di awal perlombaan, sehingga mampu memimpin. Namun, tidak lama kemudian posisinya merosot dan akhirnya kembali ke paddock lebih cepat.

Menghadapai race dua, mesin dibongkar, dan diketahui masalahnya terletak pada kerja sistem pembakaran yang tidak sempurna membuat piston tergores. Tim Yamaha Indonesia mengajukan permohonan pergantian mesin.

“Masalahnya ada di sistem pembakaran, kemungkinan ada masalah pada bahan bakar. Ada kotoran di mesin yang membuat piston tergores,” terang Manager Tim Yamaha Racing Indonesia Wahyu Rusmayadi saat berbincang dengan NaikMotor.com.

Kerusakan mesin bukan hanya dialami oleh tim Yamaha Indonesia. Beberapa tim besar di kelas AP250 juga mengalami masalah serupa.

“Tim-tim lain juga mengalami masalah yang sama. Saat kita mengajukan penggantian mesin, ada 11 tim di AP250 yang ganti mesin karena kerusakan di titik yang sama,” terang Wahyu.

Di samping itu, penampilan kurang maksimal Galang dan Rey di ARRC Sentul menjadi evaluasi untuk Yamaha Indonesia. Mereka akan melakukan perbaikan di seri berikutnya.

“Tadi (race dua), galang sudah push dari awal, tetapi banyak gangguan dari rider-rider lain, sampai dia disenggol pembalap lain sampai kakinya sakit. Untuk seri berikutnya persiapan stamina dan improvement tim,” beber Wahyu. (Yudistira/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*