Ducati GP15 Kompetitif, Tapi Belum Tentu Dipakai di Seri Pertama

0
29

GP15-Belum-Pasti-1

Sepang (naikmotor) – Pernyataan mengejutkan dikeluarkan oleh seorang direktur teknis baru di tim Ducati yaitu Gianluigi Dall’Igna (Gigi) yang juga menjadi dalang di belakang Desmosedici GP15.

Meski motor GP15 buah dari pemikirannya selama bergabung di Ducati, namun ia menegaskan belum tentu motor itu akan ia turunkan di MotoGP Qatar nanti.

Tentunya ini akan sangat disayangkan, lantaran Valentino Rossi sendiri mengakui bahwa Ducati sekarang sudah memiliki motor yang benar-benar kencang. Pembalap kawakan itu bahkan menegaskan bahwa Ducati sekarang sudah selevel dengan Honda dan Yamaha di MotoGP.

Motor baru itu memang punya dampak positif yang cukup bagus. Lantaran meski masih baru, namun selisih waktu tercepat yang mampu dimaksimalkan oleh pembalapnya cukup besar dari pembalap tercepat.

Namun Gigi tak mau gegabah dengan memastikan bahwa motor ini sudah 100 persen bakal digunakan di MotoGP 2015 sejak seri pertama.”Saya tidak ingin mengambil keputusan apapun tentang motor yang akan kami gunakan mulai di putaran pertama MotoGP tahun ini sebelum tes di Qatar. Satu sirkuit saja tidak cukup untuk menentukan performa terbaik motor ini. Menurutku, 80 persen pembalap bilang sudah cocok dengan simulasi yang kami adakan. Tapi kan masih ada 20 persen yang kita tidak tahu apa itu,” ujar Gigi.

“Untuk saat ini kami tidak punya masalah dengan reliabilitas motor secara keseluruhan dan ini menjadi langkah bagus. Tapi kami harus terus melakukan pengetesan bahkan juga perbandingan antara GP15 dan GP14,3. Setelah tes di Qatar nanti, baru akan kami pastikan. Tapi tentu kami akan menyerahkan sepenuhnya pada pembalap. Mereka juga harus menentukan yang terbaik buat mereka termasuk performa. Bukan dari hasil opini pribadiku,” pungkasnya.

Tapi tentu Gigi juga harus tetap mempertimbangkan bahwa Ducati punya keunggulan menggunakan ban dengan kompon yang lebih lunak. Lantaran Ducati masuk ke kategori Open Class agar bisa tetap melakukan tes privat dengan pembalap utama mereka.

Artinya, performanya pasti bakal lebih kompetitif di sesi single lap. Sesi tes terakhir nanti akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar pada 14-17 Maret 2015. (Spy/NM) Foto: Ducati

GP15-Belum-Pasti-3

LEAVE A REPLY

*