MotoGP Ungkap Penyebab Kematian Luis Salom

1
106

Luis Salom

Madrid (naikmotor) – Luis Salom pembalap Tim SAG Kalex Moto2 yang meninggal akibat kecelakaan fatal yang terjadi di Sirkuit Catalunya, Barcelona telah menghasilkan kesimpulan dari Direktur Teknik MotoGP, Danny Aldridge. Menurut dia, pihaknya tidak menemukan ada kesalahan mekanik pada kecelakaan yang menimpa Salom.

Seperti diketahui, Salom meninggal dunia saat mengikuti latihan bebas kedua Moto2. Pembalap berusia 24 tahun tersebut gagal melakukan manuver di tikungan 12. Ia terjatuh dan terpental hingga menabrak pembatas lintasan.

SAG menilai kecelakaan yang menimpa pembalapnya terjadi karena kehilangan kontrol pada kemudinya. Lantas Aldridge yang dibantu juri ahli Angle Calzada Gomez dan ahli telemetri Lluis Lleonart Gomez mengeluarkan laporan dengan menilai insiden yang terjadi berasal dari kesalahan sang rider.

“Gomez memperkirakan sang pembalap kemungkinan menegok ke belakang dan saat kembali ke depan ia bingung dengan posisinya karena terlalu dekat dengan garis. Lantas menghasilkan tekanan pengereman yang lebih tinggi dibanding sebelumnya. Itu terindikasi di data telemetry,” tulis laporan tersebut.

“Hasil dari pengereman mendadak bisa membuat roda depan belok hingga menyebabkan kecelakaan. Tuan Gomez juga tak menemukan sesuatu yang tak biasa. Ia juga mengonfirmasi tak ada bukti data yang memunculkan isu permukaan lintasan tak rata, termasuk adanya tonjolan,” jelasnya. (Wl/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*