Bocoran Honda CBR1000RR 2017 dengan Perubahan Radikal

0
46
Honda CBR1000RR

Honda CBR1000RR
Honda CBR1000RR 2017 dengan waajah baru plus lebih bertenaga dan lebih ringan. Foto: MCN

London (naikmotor) – Sosok baru Honda CBR1000RR Fireblade memang belum diungkap secara resmi. Motorcyclenews memiliki render wajah barunya serta bocoran fitur-fitur anyarnya membuat superbike ini akan alami perubahan radikal.

CBR1000RR 2017 diyakini baru akan pada kuartal akhir 2016 atau awal 2017. Ini menjadi gubahan paling serius sejak 2008 dan menjadi ambisi Honda untuk mengalahkan penguasa superbiike,  BMW S1000RR dan Kawasaki ZX-10R.

“Perubahan baru yang sangat signifikan dan telah banyak pekerjaan dilakukan untuk membuat motor kompetitif dengan pesaing. Penurunan berat badan lebih dari motor saat ini akan membantu motor menjadi jauh lebih mudah dan kata mereka yang telah menguji menyatakan performa motor yang lebih tajam,” klaim MCN dari sumber internal Honda.

Tampang barunya berubah total yang menjadi evolusi baru bagi superbike Honda ini. Seperti terlihat pada render akan menggunakan lampu depan yang sipit mirip dengan Honda CBR250RR, lampu LED dan desain fairing anyar.

Performa, bobot dan aerodinamika menjadi acuan utama dilakukan penyempurnaan. Mesin CBR1000RR terbaru akan lebih bertenaga sekitar 180 hp agar bisa bersaing dengan S1000RR dan ZX-10R. Demikian pula dengan bobotnya akan mengalami pengurangan secara signifikan.

Honda_CBR1000RR_2017_2

Desain baru pada airbox, revisi sistem injeksi serta pengurangan internal friksi pada mesin akan mampu menambah daya gedor tenaga sehingga lebih powerfull. Penguraangan bobotnya akan di dapat dari penggunaan ABS Bosch 9.1 yang memiliki berat 3,5 kg menggantikan C-ABS berbobot 10 kg.Untuk sistem pembunagan juga direduksi beratnya dan sesuai Euro4.

Tidak hanya itu peranti elektronik juga menjadi fokus ubahan dengan mengaplikasikan milik Bosch yang telah dilengkapi Inertial Measurement Unit (IMU). Dengan IMU untuk mengontrol kontrol traksi, ABS, Cornering ABS, anti-wheelie Dan Juga bekerja dengan Ohlins suspensi semi-aktif yang akan dipasang pada Fireblade.

Guna mendapatkan kenyamanan terbaik evaluasi pada suspensi juga dilakukan. dengan suspensi Öhlins ssemi-aktif bekerja untuk menjaga motor kian stabil saat pengereman maupun akselerasi. Suspensi ini juga memiliki dua-mode, fix dan semi aktif.

Jika informasi ini benar amaka ambisi Honda bertarung di pasar superbike membuktikan keseriusannya. Tidak hanya itu juga menjadi kompetitif pada ajang WSBK. (Wl/nm)

Honda_CBR1000RR_2017_3

LEAVE A REPLY

*