Dani Pedrosa Sesalkan Tim Honda Yang Utamakan Marquez

1
92
Dani Pedrosa

Dani Pedrosa
Dani Pedrosa keluhkan tim Honda saat MotoGP Jerman 2016. Foto: Honda

Sachsenring(naikmotor) – Kesuksesan Honda mengantarkan Marc Marquez meraih kemenangan di MotoGP Jerman, Minggu (17/7/2016), ternyata menyisakan sedikit rasa jengkel pada diri Dani Pedrosa. Pembalap berpostur mungil itu meyayangkan kinerja timnya yang lambat menyiapkan motor pengganti untuknya.

Pedrosa mengawali start dari posisi 10, kemudian perlahan masuk ke baris tengah dalam balapan. Ia sempat berada di posisi yang lebih baik, setelah Marquez terperosok ke gravel di lap 10.

Pembalap berusia 31 tahun itu merasa tidak puas hanya finish di posisi enam, ketika ia merasa punya peluang untuk menang di Sirkuit Sachsenring. motor yang dipacu setelah flag to flag dirasa kurang maksimal performanya.

Berbeda dengan Valentino Rossi, yang terlambat masuk pit stop karena mengabaikan instruksi tim, Pedrosa justru tidak bisa segera mengganti motor karena tim belum selesai menyiapkan motor pengganti untuknya. Di sisi lain, Marquez sudah lebih dulu bertukar motor yang mengaplikasi ban slick, dan berhasil menjadi kampiun.

“Masalahnya saat itu motor belum selesai dipersiapkan, sehingga saya harus berhenti (ke pit stop) beberapa lap kemudian dan mengganti dengan  (ban) slick. Saya tidak bisa dengan cepat memanaskan ban dan hasilnya lap pertama (dengan ban) slick saya sangat lambat. Saya sudah tiga kali (meminta ganti motor), sampai akhirnya mereka memperbolehkan saya masuk (pit stop),” cerita Pedrosa dikutip dari Marca.

Pembalap yang sudah membela Honda sejak 2006 itu mengungkapkan, jika ia bisa mengganti motor lebih awal, kemungkinan untuk tampil lebih baik sangat besar. “Marc (Marquez) keluar (lintasan) di depan saya dan kemudian saya melihat dia berhenti (mengganti motor). Saya tidak melaju pelan saat (lintasan) basah. (Kecepatan motor) sebanding dengan (pembalap) di depan tapi saya berada di grup tersebut,” bebernya.

Pedrosa belum sama sekali meraih kemenangan bersam Honda RC213V musim ini, dan membuatnya menetap di posisi empat klasemen dengan 96 poin, tertinggal 74 poin dari Marquez yang memimpin klasemen sementara. (Yudistira/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*