Sasis Baru Buat Maverick Vinales Pede Bisa Menangkan MotoGP Jerman

0
23
Maverick Vinales

Maverick Vinales
Maverick Vinales optimis podium di MotoGP Jerman 2016. Foto: Crash

Sachsenring (naikmotor) – Joki muda Suzuki Ecstar Maverick Vinales percaya diri menyongsong balapan MotoGP Jerman, Minggu (17/7/2016). Sasis baru Suzuki GSX-RR dirasa cukup baik, sehingga pembalap berusia 21 tahun itu mampu melejit menguasai Free Practice kedua (FP2), Jumat (15/7/2016).

Kelincahan motornya membuat Vinales mampu melintas cepat, melewati tikungan-tikungan tajam di Sirkuit Sachsenring, yang terkenal memiliki layout cukup mengerikan. Sasis baru yang mulai diaplikasikan saat tes di Barcelona, memberikan grip yang lebih baik, dan motor dapat melibas tikungan lebih baik. Hasil free practice hari pertama menunjukan penampilan Vinales dan Aleix Espargaro di Sachsenringh lebih baik dibanding tahun lalu.

“Tahun lalu terasa sulit. Kami memiliki gap yang jauh dengan (pembalap) di baris depan. Dengan seamless (girbox), menjadi lebih sulit di tanjakan dan motor menjadi pelan lajunya. Saya pikir kami bisa melakukan pekerjaan yang bagus. Kami membuat perkembangan yang bagus saat cuaca panas dan setiap saat kami mampu masuk ke (baris) depan (dalam balapan),” optimis Vinales.

Jelang balapan, pemuda berdarah Spanyol itu berusaha mempertajam performa motornya, terutama soal stabilitas di tikungan. “Sebenarnya (motor) kerap sliding, tetapi saya tetap tarik gas pol. Kami harus membuat motor lebih stabil. Saya pikir kami tahu apa yang harus dilakukan, karena di beberapa trek terjadi sliding seperti itu, tetapi (di Sachsenring) saya merasa bagus di tikungan,” beber calon pendamping Valentino Rossi di Yamaha Movistar musim depan itu.

Vinales akan mencoba tampil baik di kualifikasi untuk menjaga peluang meraih kemenangan dalam balapan. “Hal yang penting untuk dilakukan adalah tampil dengan baik di kualifikasi dan mencoba berada di posisi pertam di lap awal dalam balapan, kemudian bisa mengatur motor untuk (melaju) lebih baik,” ucapnya. (Yudistira/nm)

LEAVE A REPLY

*