MotoGP Rencanakan Empat Motor untuk Tiap Tim Pabrikan

0
75
MotoGP
MotoGP
Dorna berharap pada musim balap MotoGP 2018 pesertanya 24 pembalap. Foto: Autosport

Madrid (naikmotor) – Dorna selaku penyelenggara MotoGP terus mewacanakan penambahan peserta MotoGP hingga 24 pembalap. Diharapkan bisa terealisasikan mulai musim balap MotoGP 2018.

Skenarionya adalah tim pabrikan akan memasok empat motor, dua untuk tim utama dan dua untuk tim pabrikan. Pada 2018 akan ada enam tim pabrikan yakni, Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki, Aprilia dan KTM sehingga total ridernya adalah 24.

Saat ini peserta MotoGP didominasi oleh Ducati dengan delapan pembalap dengan enam rider satelit. Honda tiga (satu tum Satelit) dan Yamaha memasok dua mesin untuk tim independen.

Suzuki dan Aprilia saat ini masih fokus pada tim utama. Suzuki dikabarkan tenagah mencari tim satelit, rumornya akan bekerjasama dengan LCR, informasi terakir Pramac Racing bersedia di 2018.

Tahun depan akan menjadi 23 rider dengan tambahan dua rider dari KTM. Dorna berharap di 2018 Aprilia dan KTM bisa memiliki tim satelit. Seharunys program 24 pembalap mulai dilakukan tahun depan namun ditangguhkan.

“Ini adalah mimpi kita, memiliki enam produsen dengan empat sepeda masing-masing,” katanya. Kami mencoba untuk membuat aturan, ekonomis dan komersialyang akan membantu.”Kami ingin melihat setiap produsen dengan empat sepeda,” terang CEO Dorna Carmelo Ezpeleta pada Autosport.

Sementara itu Bos Tech3 Yamaha dan presiden IRTA Herve Poncharal menyambut baik rencana ini. Diharapkan dengan tim satelit pabrikan balapan akan menjadi lebih kompetitif. (Wl/nm)

LEAVE A REPLY

*